4 Alasan Anda Harus Menjadi Pemimpin yang Internationally Minded

Menurut Anda pribadi apa yang harus ditanamkan seorang pemimpin untuk menjalankan bisnis yang baik? Mungkin jawabannya dapat bervariatif karena memang setiap orang memiliki cara sendiri-sendiri dalam memimpin sebuah perusahaan atau organisasi.Tetapi pada dasarnya, jika para pebisnis ingin melancarkan semua urusan bisnisnya dalam lingkup di lingkungan dalam atau luar perusahaan mereka harus memiliki internationally minded. Yang dimaksud dengan internationally minded adalah sebuah sikap yang didasari dengan pemikiran secara internasional dimana seseorang tidak hanya akan berpikir pada satu hal saja. Namun mengapa seorang pemimpin harus memiliki pemikiran seperti itu? Simak berikut alasannya:

 

 

Berpikiran Maju

 

Kata “internasional” sendiri saja sudah berarti “banyak”, berarti orang yang memiliki pemikiran secara internasional adalah orang yang memiliki banyak pemikiran. Orang yang berpikir secara internasional cenderung akah berpikir lebih maju karena mereka tidak ingin terbatas pada satu perspektif dan kemungkinan saja. Bahkan mereka akan menerapkan istilah “extra miles” pada perusahaan. Ini berarti mereka akan mengatur strategi untuk berpikir beberapa kali lipat lebih cepat dari perusahaan lain.

 

Pemikiran yang internasional juga mengacu pada kemajuan perusahaan mencapai tingkat lebih jauh yang mungkin tidak hanya berada dalam taraf nasional saja tetapi berani untuk mencoba kesempatan lain yang bertaraf internasional.

 

 

Bersikap Terbuka

 

Selain itu, internasional juga berarti berbagai nasionalitas. Sehubungan dengan sikap yang terbuka, dengan berpikir secara internasional, para pemimpin tentu saja akan terbuka dengan seluruh pemikiran yang tidak hanya dimiliki masyarakat nasional saja melainkan ikut mempertimbangkan pemikiran masyarakat dengan nasionalitas lain. Ragam pemikiran dapat sangat baik bagi seorang pemimpin sehingga mereka tidak akan terfokus pada satu pemikiran saja yang menjadikan mereka kurang berkembang.

 

Dengan bersikap terbuka juga, berarti para pemimpin dapat menyesuaikan produknya lebih mudah dengan target pasar yang lebih luas. Selain sikap terbuka juga berarti lebih menghargai orang lain dan probabilitas yang ada.

 

 

Menerapkan Rasionalitas

 

Berpikiran maju dan bersikap terbuka juga merupakan ciri dari orang yang menerapkan rasionalitas. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki pemikiran internasional akan menerapkan rasionalitas di atas segalanya. Kemudian apa yang akan dihasilkan dari seseorang yang rasional? Tentu saja hal yang baik. Para pemimpin yang rasional akan lebih mengukur berbagai pertimbangan dengan rasio sehingga berbagai hal memiliki alasan yang logis. Perusahaan yang menerapkan rasionalitas tinggi tidak akan berpura-pura tidak melihat kesulitan atau masalah yang ada. Contohnya apabila para karyawan dalam sebuah perusahaan sudah terlihat begitu kesulitan mengatur waktu kerja karena banyaknya pekerjaan sedangkan jumlah pekerja yang semakin sedikit, maka pemimpin yang berpikir secara internasional akan langsung mencari solusi dengan menambah jumlah pekerja.

 

Pemimpin yang memiliki internasionally minded akan mengutamakan kesejahteraan ketimbang pendapatan tinggi. Karena mereka akan menjalankan perusahaan secara rasional dan logis.

 

 

Lebih Toleran

 

Pemimpin atau seseorang yang memiliki pemikiran secara internasional biasanya akan lebih toleran terhadap para karyawan maupun pelanggan. Hal ini disebabkan oleh pemikiran mereka yang tidak sempit dan hanya mengacu pada satu peraturan saja. Tentu saja semua orang menyukai orang-orang yang ramah dan dapat mengerti kondisi orang lain. Oleh sebab itu, pemimpin yang toleran akan sangat dihargai orang lain karena mereka pun menghargai orang lain dengan sikapnya yang toleran. Tidak hanya menghasilkan para karyawan yang setia pada perusahaan tetapi juga para pelanggan yang setia pada perusahaan Anda.

Aulia Meidiska About the author

A passionate writer and travel enthusiast. Her ability to plan, write and optimize contents is proven. Been working for some major media companies and agencies in Indonesia.