7 Ide Konten Untuk Mendukung Content Marketing Strategy Anda

Membuat konten secara berkala dapat membantu Anda melancarkan strategi marketing di internet karena konten tersebut nantinya yang akan muncul pada search engine. Tetapi sudah tahukah Anda harus memulai darimana?

 

Semakin berjalannya waktu, perubahan search dan jejaring sosial akan terus terjadi. Satu hal yang Anda harus tahu adalah konten akan terus menjadi hal terpenting untuk strategi marketing Anda nantinya.

 

Volume konten yang masuk pada dunia maya dapat sangat melimpah ruah mulai dari post untuk blog, media sosial, email, newsletter, inforgrafik, video dan lain-lain. Untuk membantu Anda mulai menciptakan konten dengan ide yang inspiratif, berikut ini adalah tip sederhana yang dapat digunakan untuk berbagai jenis post baik blog, media sosial dan lain-lain.

 

 

1. Membuat Sebuah Definisi

 

Definisikan istilah, jargon dan terminologi kompleks lainnya yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Menjadi satu ide penting untuk Anda secara langsung memperkenalkan produk atau layanan Anda.

 

 

2. Lelucon

 

Anda dapat membuat sebuah lelucon menjadi jembatan penghubung Anda dan para follower. Bahkan apabila Anda tidak sepintar itu untuk membuat sebuah lelucon, tenang saja, internet akan membantu Anda untuk menciptakan sebuah lelucon. Google memiliki bejuta-juta lelucon yang dapat Anda kutip untuk disebarkan di media sosial. Jika Anda ingin lebih inovatif, buatlah lelucon seputar produk atau jasa Anda. Terkadang menertawakan diri sendiri dapat menjadi bahan lelucon untuk orang lain.

 

 

3. FAQ

 

Sebuah situs yang baik adalah situs yang menyediakan kolom FAQ (Frequently Asked Question). Gunakan kolom ini untuk menjadi konten harian Anda. Sebarkan satu persatu FAQ yang sudah Anda buat sebelumnya. Masukkan konten ini di dalam jejaring sosial Anda agar Anda dapat mengulang mengunggah post tersebut pada periode tertentu berikutnya.

 

 

4. Meminta Konten dari Follower

 

Jika Anda benar-benar berada dalam kesulitan mencari konten baru, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan para follower untuk memberikan inspirasi baru. Tanyakan kepada mereka mengenai berbagai tip, pengalaman, advis, atau bahkan opini tentang produk Anda. Bagikan atau sekedar RT respon mereka dan Anda akan tetap memiliki konten untuk media sosial Anda.

 

 

5. Studi Kasus

 

Studi kasus sangat berguna untuk membentuk sebuah jaminan penggunaan produk. Hal ini juga dapat sangat berguna untuk memberikan edukasi pada para pelanggan seputar produk atau jasa Anda. Tulislah studi kasus yang fenomenal dan unggah dalam media sosial. Dalam hal ini, blog merupakan media yang sangat tepat untuk menjadi tempat menampung konten ini.

 

 

6. “Cara Melakukan…”

 

Ketika seseorang memiliki masalah, mereka pasti ingin tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Cukup dengan menambahkan kata-kata seperti: “Cara Melakukan…”, atau “Langkah-langkah membuat..” dapat menarik perhatian para follower untuk masuk ke dalam media sosial Anda dan menyimak konten Anda. Sebaiknya dalam membuat konten semacam ini Anda menyertakan sumber terpercaya agar lebih meyakinkan. Contohnya apabila Anda membuat sebuah artikel tentang kesehatan, tambahkan nama dokter yang menangani masalah kesehatan tersebut.

 

 

7. Menciptakan “Desakan”

 

Desakan dapat memicu orang-orang untuk bertindak sesuatu. Buatlah sebuah konten yang memiliki unsur desakan dan seakan-akan ‘memaksa’ orang untuk berpikir bahwa mereka akan kehilangan sesuatu jika tidak melakukan hal tersebut. Contohnya dengan menulis tentang merchandise yang akan dibagikan dalam jumlah terbatas atau penawaran menggiurkan yang hanya memiliki batas waktu tertentu. Sebarkan informasi tersebut dengan menggunakan kata-kata seperti “jangan sampai ketinggalan” atau berikan batas waktu singkat yang membuat mereka akan merasa seolah-olah harus segera membeli produk Anda. Pastikan juga penawaran yang Anda berikan adalah sesuatu yang di luar kemampuan para pelanggan atau sesuatu yang jarang sekali ada.

Aulia Meidiska About the author

A passionate writer and travel enthusiast. Her ability to plan, write and optimize contents is proven. Been working for some major media companies and agencies in Indonesia.