9 Konten Social Media dan Blog Yang Harus Anda Buat

Apabila Anda sekarang ini sedang mengaplikasikan strategi marketing konten, itu berarti Anda membutuhkan banyak ide inspiratif untuk menarik perhatian pembaca masuk ke dalam media sosial perusahaan. Jangan biarkan topik atau konten yang monoton menghalangi para pelanggan untuk menikmati media sosial Anda dan menunrunkan tingkat penjualan produk Anda. Oleh sebab itu, cobalah cara lain berikut yang mungkin dapat menjadi alternatif Anda mendominasi dunia maya:

 

1. Prediksi

Seperti yang kita tahu, semua orang menyukai prediksi tentang apapun. Walaupun Anda tidak terlalu menguasi di bidang tertentu, cobalah untuk mempelajarinya secara otodidak dengan melakukan banyak observasi dan mencari banyak informasi mengenai hal tersebut. Jadilah peramal versi perusahaan Anda. Tidak perlu memaparkan prediksi yang kompleks. Anda hanya perlu membuatnya menarik dan membuat pelanggan ingin terlibat dalam diskusi Anda. Buatlah prediksi Anda memicu pelanggan untuk juga ikut serta dalam memberi opini mereka.

 

2. Reaksi

Mengisi konten tidak harus selalu tentang membuat sesuatu ide baru. Cukup dengan memberikan reaksi Anda pada sebuah berita terkini atau topik yang sedang tren saja dapat menimbulkan minat pelanggan Anda untuk tertarik melihat unggahan Anda. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai membuat kontradiksi yang berlebihan dengan berita tersebut. Salah-salah Anda malah menyalahi aturan dan terlihat sarkastik.

 

3. Gambar

Konten dapat berupa apapun termasuk gambar unik, serius, atau bahkan dramatis sekalipun. Apabila Anda tidak selalu memiliki banyak waktu untuk menciptakan gambar, ambilah gambar dari sumber lain dan unggah di jejaring sosial perusahaan. Salah satu sumber penyedia gambar menarik yang dapat Anda beli adalah Canva.com.

 

4. Berita Perusahaan

Buat para pelanggan tetap mendapatkan informasi terbari produk Anda dengan membagikan informasi tersebut lewat media sosial.  Untuk lebih menarik, Anda dapat juga menyebarkan berita tentang pelanggan yang mendapatkan hadiah dari perusahaan Anda atau sekadar memberitakan staf baru Anda saja sudah dapat membuat pelanggan ingin terus mengetahui perusahaan Anda. Gunakan bahasa yang persuasive agar tidak terkesan kaku. Ingatlah bahwa dalam media sosial orang-orang ingin Anda lebih fleksibel dan terkesan santai. Bahasa yang terlalu serius hanya akan membuat mereka bosan.

 

5.Perlihatkan Proses di Balik Layar

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, media sosial termasuk blog adalah media yang lebih transparan dan lebih terkesan santai. Anda dapat lebih ekspresif dalam mengelola media sosial. Para pelanggan akan merasa dekat dengan perusahaan Anda ketika mereka tahu banyak tentang perusahaan Anda. Salah satu cara untuk mengembangkan perasaan ‘dekat’ itu adalah dengan memperlihatkan proses di balik layar produk yang sedang Anda buat atau kegiatan yang sedang dilakukan perusahaan Anda. Kegiatan ini tentunya kegiatan yang lebih informal.

 

6. Pertanyaan

Libatkan para pelanggan atau follower media sosial Anda dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Materi pertanyaan dapat berkaitan dengan hal apapun.  We are generally pretty narcissistic. We love the sound of our own name and our own voice. We love to be heard and we love it when someone specifically asks to hear what we have to say. Pose questions for your followers/readers  – it’s a surefire way to get them involved. Try open ended questions and try being creative in the questions you ask. Don’t forget to acknowledge everyone and maybe share the best responses.

 

7. Sebarkan Statistik

Data statistic dapat memberikan kredibilitas tertentu pada posisi perusahaan Anda. Statistik yang mengejutkan dapat membuat orang ingin bereaksi dengan memberikan komentar atau hanya sekedar menyebarkan ulang konten Anda. Gali lebih dalam mengenai data statistic yang ingin Anda sebarkan dan buatlah data tersebut sekreatif mungkin dengan membuatnya dalam gambar yang unik atau desain-desain yang menarik. Pada dasarnya, data statistik ini memang akan lebih sering mengacu pada produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan, tetapi terkadang data statistik di luar perusahaan Anda juga dapat menarik perhatian para follower untuk melihat konten Anda.

 

8. Tantangan

Tantang para follower Anda untuk melakukan sesuatu. Contohnya dapat berupa tantangan RT/Like/+1/Share untuk sebuah hadiah berupa produk cuma-cuma Anda. Dari konten semacam ini, Anda juga dapat terbantu dalam penyebaran produk Anda. Semisal dengan mengadakan tantangan untuk berfoto bersama produk Anda dan mengunggahnya di berbagai jejaring sosial. Secara tidak langsung mereka akan membantu Anda memasarkan produk. Buatlah tantangan tersebut seunik dan sekreatif mungkin. Pikirkan hal yang memicu orang untuk melakukan hal tersebut.

 

9. Review

Berikan review tentang hal-hal menarik seperti lagu, buku, restoran atau bahkan produk di luar perusahaan Anda yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Apapun itu, beritahu para follower Anda apa yang Anda pikirkan mengenai suatu topik. Ketika Anda mengemukakan pendapat yang kontroversial, Anda akan mendapatkan lebih banyak respon. Tetapi yang paling penting adalah originalitas. Jangan berpura-pura memberikan respon kontroversial hanya untuk mendapat respon. Masyarakat sekarang ini sangat pintar dalam melakukan observasi. Cepat atau lambat mereka akan mengetahui ketika Anda mengumbar sesuatu yang ‘palsu’.

Aulia Meidiska About the author

A passionate writer and travel enthusiast. Her ability to plan, write and optimize contents is proven. Been working for some major media companies and agencies in Indonesia.

  • Albert Uhing E

    Terimakasih informasinya, sangat membantu….