Big Data: Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya? Ini Penjelasannya

Jika Anda seorang digital marketer, Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah “big data” bukan? Namun tidak sedikit diantara kita yang masih bertanya-tanya apa itu big data. Istilah “big data” ini terkadang lebih menakutkan ketimbang data-data lain yang umumnya kita dengar. Kita mungkin punya data jumlah sebaran target market kita di Indonesia, atau jumlah pengguna mobile phone di Indonesia, dan data lainnya. Apakah yang dimaksud “big data” juga seperti itu?

 

Big data adalah¬†istilah yang muncul untuk menyebutkan segala macam data “mentah” yang bertebaran di internet, dan bagaimana seorang data scientist mengumpulkannya dan menelaahnya menjadi suatu kesimpulan scientific (base on data) untuk keperluan pengambilan keputusan.

 

 

Big Data: Sulit kah?

 

Pada dasarnya “big data” adalah data yang ber-“seliweran” di dunia maya, dari sebuah tweet sampai ke geo location itu termasuk ke dalam big data. Milyaran data bertebaran, dan kita dapat memanfaatkannya sebagai basis pengambilan keputusan. Perlu keahlian dan tools khusus untuk bisa memanfaatkan data-data tersebut.

 

Seseorang yang mampu menguasai keahlian ini merupakan orang yang sangat dicari saat ini. Seseorang yang Data Driven di era digital seperti saat ini layaknya seorang cenayang, selain mampu menangkap data-data tersebut, orang ini juga harus mampu menginterpretasikannya agar relevan dengan keputusan yang hendak diambil.

 

Video dari Forbes ini akan membahas mengenai Apa itu big data dan bagaimana implementasinya di dunia digital marketing.

 

Indra Jaya About the author

CEO & Founder of Krona Indonesia and Executive Director of Internet Marketing Association (IMA) Indonesia. More than 5 years professional experience in Digtial Marketing, helping brands, companies and entrepreneurs promoting their products or services online.