Cara Melakukan Content Marketing

Content marketing adalah teknik marketing yang memanfaatkan konten untuk menjadi magnet bagi perusahaan/ brand untuk memasarkan produk/ jasanya. Teknik ini sudah banyak dilakukan oleh banyak perusahaan/ brand bahkan oleh tiap individu. Namun bagaimana cara memulainya?

 

 

 

Membuat Konten

Langkah pertama tentunya adalah Anda harus membuat konten. Terdapat tiga jenis konten; written content (artikel, tulisan, dll), image (infografis, komik), dan video (gambar yang bergerak). Pada saat ini, konten video adalah salah satu jenis konten yang paling engaging; konten yang paling sering ditonton dan dikonsumsi banyak orang dan tren menonton video di Indonesia sudah meningkat mengingat infrastruktur yang ada sudah jauh lebih baik daripada beberapa tahun lalu.

 

 

Mendistribusikan Konten

Setelah membuat konten, langkah selanjutnya adalah mendistribusikan konten tersebut. Di era digital ini, konten dapat didistribusikan di berbagai channel; seperti social media, email, refferal, search engine. Pada saat tulisan ini dibuat, seach engine dan social media masih memegang posisi teratas dalam hal keefektifan pendistribusian konten karena pengunjung per harinya yang sangat banyak. Disusul dengan email, yang sampai saat ini menjadi salah satu channel distribusi konten secara digital yang efektif.

 

 

Mengukur Dan Optimalisasi

Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam content marketing adalah untuk mengukur dan mengoptimalkan langkah-langkah yang telah dilakukan. Langkah terakhir ini perlu dilakukan untuk mempelajari konten apa yang efektif dan konten apa yang tidak efektif dalam kegiatan marketing yang telah Anda dilakukan. Pada tahap ini, Anda akan mengukur bagaimana traffic yang didapatkan dari tiap konten yang anda buat, serta berapa persen dari traffic yang terjadi tersebut yang berubah menjadi penjualan/ customer Anda.

 

 

 

 

Sekian yang dapat saya share pada tulisan kali ini, namun apabila Anda ingin berdiskusi lebih lanjut, anda dapat mengunjungi tautan berikut untuk berdiskusi dengan tim Krona Indonesia: https://www.krona.co.id/smb-form/

Indra Jaya About the author

CEO & Founder of Krona Indonesia and Executive Director of Internet Marketing Association (IMA) Indonesia. More than 5 years professional experience in Digtial Marketing, helping brands, companies and entrepreneurs promoting their products or services online.