List Telegram Channel di Indonesia yang Perlu Anda Ikuti

Telegram adalah aplikasi chatting seperti layaknya Whatsapp, Line, BBM dan lain sebagainya. Namun keunggulan Telegram dibanding yang lain ialah prosesnya yang ringan dan dapat digunakan cross device untuk satu akun yang sama. Selain itu juga Anda dapat berbagi file jenis apapun dan berapapun besar file tersebut di Telegram.

 

Begitu populer di kalangan penggiat IT dan digital bisnis di Indonesia, saat ini aplikasi telegram berkembang begitu pesat dan juga digunakan oleh berbagai kalangan tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Anda bisa mendownload aplikasi messenger ini di appstore dan playstore, dan install di semua device seperti komputer desktop, laptop, tablet dan handphone dengan satu nomor ponsel yang sama.

 

Tidak hanya itu, serunya lagi Telegram juga memiliki apa yang mereka sebut Channel, dimana semua orang bisa bergabung dan mengikuti update-update terkini dari sebuah situs berita, atau seorang profesional. Tidak menutup kemungkinan kedepannya channel telegram ini akan dimanfaatkan berbagai pihak seperti instansi atau perusahaan dan bahkan artist.

 

Berikut ini adalah Telegram Channel yang sangat recommended untuk Anda ikuti, Karena begitu banyak ilmu atau informasi penting yang diupdate setiap hari:

 

1. Indigo Creative Nation

 

Channel Indigo Creative Nation ini sangat aktif membahas info-info dan ilmu-ilmu seputar Startup atau perusahaan rintisan berbasis teknologi internet / digital. Sering pula mereka memberikan undangan untuk menghadiri acara sharing session bersama para penggiat startup baik global maupun nasional. Jika kita tidak ingin tertinggal, maka kita harus terus update info seputar startup ini, karena begitu banyak inovasi dan kolaborasi yang terjadi di era seperti sekarang ini. Nah channel ini sangat cocok untuk Anda yang juga tertarik dengan dunia bisnis dan startup. Anda bisa bergabung di link berikut:

https://telegram.me/indigoid

 

 

2. Novi Bayu Darmawan

 

Novi Bayu Darmawan merupakan seorang ahli atau expert di bidang digital marketing. Keahlian beliau di dunia internet marketing sudah terbukti dengan kesuksesannya dalam memasarkan produk-produk baik lokal maupun internasional. Beliau juga memiliki perusahaan teknologi yang menghasilkan sebuah aplikasi bernama Insightzilla, yaitu sebuah aplikasi yang bertujuan untuk meringankan kerja para pemasar atau marketer untuk mencari tahu target pasar yang tepat di dunia digital terutama Facebook. Novi Bayu sangat aktif berbagi ilmu dan pengetahuannya di channel miliknya. Wawasan yang luas tersebut sangat bermanfaat untuk kita yang ingin meningkatkan keahlian marketing. Anda bisa bergabung di channel Novi Bayu di link berikut:

https://telegram.me/nofibayu

 

 

3. Jago Jualan – Dewa Eka Prayoga

 

Dewa Eka Prayoga merupakan seorang ahli atau expert di bidang sales. Keahlian beliau dalam ilmu penjualan dituangkan di begitu banyak buku yang beliau tulis selama karirnya. Selain aktif menulis buku, beliau juga sangat aktif berbagi ilmu-ilmu baru yang beliau temukan di channel telegram miliknya. Anda bisa bergabung di channel Dewa Eka di link berikut:

https://telegram.me/belajarjagojualan

 

 

4. FB Marketing Enthusiast – Iqbal Maulana

 

FB Marketing Enthusiast dibawakan oleh seroang yang professional di bidang pemasaran terutama di social media Facebook. Beliau adalah Iqbal Maulana. Diusianya yang terbilang cukup muda, beliau sudah sukses menjalankan bisnis konsultan digital marketing bernama Advertisa. Dengan pengalaman mengelola kampanye pemasaran ribuan UKM dan juga perusahaan-perusahaan besar. Anda bisa belajar banyak mangenai strategi advertising di Facebook. Bergabung Semarang di channel Iqbal Maulana sekarang.

https://telegram.me/grupfbme

 

 

5. Startup Cafe

 

Selalu menarik untuk mengikuti perkembangan dunia startup. Begitu banyak inovasi dan ide kreasi yang dapat mengubah tatanan kehidupan kita atau biasa dikenal disruptive. Kita Kenal Gojek, Traveloka, Kaskus, dan startup lainnya di Indonesia yang mampu mengubah tatanan hidup biasanya. Jika Anda juga tertarik untuk mengikuti perkembangannya, Telegram channel ini sangat recommended untuk Anda ikuti. Anda bisa bergabung melalui link berikut:

https://telegram.me/cafestartupschannel

 

 

Dengan mengikuti semua channel-channel telegram di atas, Anda akan mendapatkan begitu banyak ilmu yang dibagikan para expert seperti Novi Bayu dan Dewa Eka, selain itu juga kita dapat mendapatkan info “Insider” mengenai dunia startup di Indigo Creative Nation dan Startup Cafe. Info “Insider” ini sangat menarik karena info-info yang demikian tidak akan Anda temui di media-media mainstream.

 

List channel telegram ini akan terus kami update, agar mampu membawa manfaat lebih banyak lagi pada kita semua. Jika ada channel telegram lain yang menarik, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah, agar dapat terus kami update list telegram channel di Indonesia.

Indra Jaya About the author

CEO & Founder of Krona Indonesia and Executive Director of Internet Marketing Association (IMA) Indonesia. More than 5 years professional experience in Digtial Marketing, helping brands, companies and entrepreneurs promoting their products or services online.