Mobile Marketing

Konsep mobile marketing mungkin masih abu-abu bagi beberapa orang. Ada yang mengartikannya sama dengan content marketing, digital marketing dan sebagainya. Namun apa sebenarnya mobile marketing itu? Apakah semua perusahaan yang berbasis teknologi harus melakukan mobile marketing?

 

 

Saat ini, pengguna handphone yang mengakses internet dari handphonenya sangat besar, yaitu sekitar 90% dan angka ini akan terus naik, mengingat perilaku konsumen saat ini sedang mengalami shifting. Pada era ini, seseorang sudah tidak perlu menggunakan desktop atau laptop mereka hanya untuk mengakses internet seperti untuk membuka email, mencari berita dan lainnya. Melalui handphone, mereka dapat mengakses internet dengan lebih mudah dan praktis.

 

Hal inilah yang mendorong meningkatnya permintaan akan mobile marketing dari brand-brand kepada agency dan maraknya mobile marketing yang dilakukan oleh pengiklan.

 

 

 

Pengertian Mobile Marketing

 

Jadi apa mobile marketing? Mobile marketing adalah strategi marketing untuk mempromosikan produk/ jasa dari sebuah perusahaan dengan channel/ saluran mobile. Hal yang harus dipersiapkan untuk promosi dengan channel ini pada umumnya sama dengan hal yang dipersiapkan untuk promosi di channel lainnya; yaitu Anda harus mempersiapkan konten, copywritting, graphic design, dan lainnya.

 

Namun hal yang penting untuk diperhatikan adalah target market yang perusahaan miliki. Pertama-tama, Anda harus mengetahui bagaimana perilaku target market pada setiap social media, situs ataupun website yang ada untuk mengetahui dimana attention terbesar mereka berada. Anda tidak serta-merta harus melakukan mobile marketing pada setiap social media, situs ataupun website yang ada, karena Anda juga harus memperhatikan keefektifan iklan di tiap platform tersebut serta budget yang ada.

 

Hal ini menunjukan bahwa strategi mobile marketing hampir sama dengan strategi digital marketing lainnya, namun yang membedakan adalah channel, customer behavior (yang sebelumnya dilihat berdasarkan click/tap, saat ini lebih kepada swipe) serta bagaimana kreatif yang bekerja untuk menciptakan mobile marketing (dimensi banner ads, SEM dll disesuaikan dengan mobile dan sebagainya). Salah satu bentuk mobile marketing yang sering terlupakan namun sebenarnya efektif adalah SMS ads. Iklan yang berbentuk pesan singkat ini kini sudah cukup canggih karena mereka menggunakan teknologi geolocation sehingga brand dapat melakukan promosi sesuai dengan lokasi dari customer.

 

 

 

 

Maka dari itu, di era mobile marketing ini banyak sekali opportunities yang dapat digali oleh brand owner untuk mengembangkan bisnisnya. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau tertarik untuk mempromosikan brand Anda dengan strategi mobile marketing ini bersama Krona Indonesia, Anda dapat langsung mengubungi tim kami: https://www.krona.co.id/smb-form/

 

Indra Jaya About the author

CEO & Founder of Krona Indonesia and Executive Director of Internet Marketing Association (IMA) Indonesia. More than 5 years professional experience in Digtial Marketing, helping brands, companies and entrepreneurs promoting their products or services online.