Search Engine Marketing

Bagi anda marketer, Search Engine Marketing atau pun Search Engine Optimization mungkin merupakan dua hal yang familiar dan sering sekali anda dengar. Memang, keberadaannya sangat penting bagi perusahaan dan brand karena apabila dilihat dari data, kurang lebih terdapat 5 milyar pencarian kata di Google setiap harinya (April 2018).

 

 

 

Potensi dari Search Engine Marketing

 

Dapat dibayangkan bahwa banyak sekali orang yang berkunjung ke situs Google untuk mencari berbagai macam informasi yang mereka butuhkan. Dan bukan tidak mungkin orang-orang tersebut mencari informasi mengenai produk ataupun jasa yang bisnis anda tawarkan. Sebagai contoh, ketika saya memiliki sebuah perusahaan marketing agency, akan sangat baik apabila perusahaan marketing agency saya muncul di halaman utama pencarian Google ketika seorang marketing manager dan brand manager perusahaan lain mencari informasi mengenai perusahaan marketing agency, yang berarti perusahaan saya memiliki kesempatan lebih jika dibanding dengan perusahaan marketing agency lainnya yang namanya tidak muncul di halaman Google tersebut.

 

Di Indonesia sendiri, terdapat 130.000.000 pengguna internet di tahun 2018. Dapat dibayangkan orang-orang tersebut setiap harinya mencari berbagai macam informasi di Google tentang hal yang terkait dengan bisnis anda tawarkan. Dapat dibayangkan pula berapa banyak kesempatan yang anda lewatkan apabila Anda tidak melakukan optimalisiasi pada Search Engine Marketing atau Search Engine Optimalization. Itulah alasan mengapa Search Engine Marketing atau Search Engine Optimalization sangat penting diterapkan oleh perusahaan baik B2B, B2C bahkan G2G (Government to Government).

 

Meskipun terlihat sepele, namun apabila search engine ini dioptimasi, maka hal ini akan melahirkan kesempatan-kesempatan pertumbuhan bisnis yang tidak terduga. Jadi, apabila Anda merupakan seorang brand manager, marketing manager, marketing director dan sebagainya yang masih mempertanyakan mengenai pentingnya website perusahaan yang dioptimasi dengan SEO atau SEM, maka Anda dapat melakukan research mengenai seberapa banyak pencarian yang ada di Google dan memperkirakan seberapa besar kesempatan yang dapat anda ambil ketika anda melakukan optimasi SEO dan SEM. Sudah seharusnya perusahaan dan juga brand pada tahun 2018 ini menerapkan Search Engine Marketing atau Search Engine Optimization untuk bisnisnya agar tetap bersaing dan selalu muncul pada halaman teratas Google ketika seseorang mencari informasi yang terkait dengan bisnis yang anda jalani agar tidak kehilangan setiap kesempatan yang muncul.

 

 

Apabila bisnis Anda membutuhkan jasa optimaliasi website dangan Search Engine Optimization atau pun Search Engine Marketing, Anda dapat menghubungi Krona Indonesia dan berdiskusi dengan tim kami di https://www.krona.co.id/smb-form/

 

Indra Jaya About the author

CEO & Founder of Krona Indonesia and Executive Director of Internet Marketing Association (IMA) Indonesia. More than 5 years professional experience in Digtial Marketing, helping brands, companies and entrepreneurs promoting their products or services online.