Social Media Management Untuk Perusahaan

Social Media Management

 

Apa sebenarnya social media management itu? Seberapa penting bagi perusahaan untuk memanage social media bisnisnya? Pada tulisan kali ini, saya akan membahas beberapa hal mengenai social media management yang menurut saya hal ini perlu diperhatikan bagi para pebisnis.

 

 

 

 

Pentingnya Mengelola Social Media di Era Digital

 

Sebagai platform yang biasa digunakan untuk mendistribusikan konten dan informasi, social media sangat penting untuk dikelola sehingga kita sebagai pebisnis dapat memperoleh manfaat dari social media tersebut secara maksimal dari segala potensi yang ada didalamnya. Walaupun begitu, saya masih melihat banyak perusahaan dan brand yang masih kurang dalam hal mengelola social media yang mereka miliki dan masih kurang aware dalam melihat behavior customernya yang saat ini mengalami shifting dari TV, radio, SMS dan sebagainya, menjadi ke channel-channel digital, seperti social media. Menariknya, social media ini mampu menjadi platform bagi tiap entitas/ individu untuk “mencari perhatian”, which is itulah yang dilakukan oleh semua brand di dunia untuk membangun brand awareness. Sudah seharusnya semua perusahaan baik perusahaan besar atau pun perusahaan mikro mampu mengelola social media yang bisnisnya miliki.

 

Dari data pun tercatat bahwa pada tahun 2018 ini Indonesia kurang lebih sudah memiliki 130.000.000 pengguna internet dan 130.000.000 pengguna social media. Bisa dilihat bahwa penggunaan social media di Indonesia saja sudah seperti dunia nyata; bahkan akan lebih mudah bagi kita untuk menjangkau 1000 orang melalui social media dibandingkan dengan menjangkau 1000 orang di dunia nyata. Walaupun peminat TV saat ini masih banyak, namun trend dari audience di TV sudah stagnan cenderung menurun dan mulai digantikan dengan channel-channel digital, contohnya YouTube dimana audience dapat memutar video apapun secara on demand tanpa harus menunggu jadwal tayang seperti pada TV.

 

Beberapa bentuk dari social media management yang biasanya dilakukan oleh perusahaan

 

1. Social Media Marketing (SMM)

Ini adalah kegiatan promosi barang dan jasa perusahaan/ brand melalui social media. Seperti membuat konten baik foto, text dan video yang bertujuan untuk mempromosikan produk dari brand yang dimiliki perusahaan atau brand.

 

2. Social Media for Corporate Branding

Merupakan salah satu bentuk komunikasi public relation. Tidak selamanya social media hanya dijadikan sebagai channel perusahaan/ brand dalam mempromosikan produk dan jasanya,  namun social media juga dapat dijadikan sebagai channel mereka dalam melakukan “pencitraan”. Hal ini penting dilakukan karena perusahaan/ brand perlu melakukan suatu action yang dapat memperoleh citra baik dan positif dari masyarakat demi terbentuknya corporate branding. Apa pentingnya corporate branding? Ketika citra perusahaan sudah baik di masyarakat, berarti efek kedepannya akan baik pula. Contoh nyatanya? Dengan branding perusahaan yang baik, perusahaan tersebut akan lebih atraktif bagi pelamar. Selain itu, melakukan corporate branding dapat berefek pada trust customer yang semakin tinggi.

 

 

 

Sebagai kesimpulan, saya ingin share bahwa tidak selamanya social media hanya digunakan untuk keperluan promosi, namun juga social media dapat kita manfaatkan untuk membangun corporate branding sebuah perusahaan.

 

 

 

 

Apabila Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai Social Media Management dan jasa yang ditawarkan Krona Indonesia dalam hal ini, Anda dapat membuka tautan berikut https://www.krona.co.id/smb-form/

 

Indra Jaya About the author

CEO & Founder of Krona Indonesia and Executive Director of Internet Marketing Association (IMA) Indonesia. More than 5 years professional experience in Digtial Marketing, helping brands, companies and entrepreneurs promoting their products or services online.