Title Image

Bagaimana Bentuk Dapat Mempengaruhi Strategi Branding dan Marketing?

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, warna memiliki pengaruh yang cukup besar dalam cara orang mempersepsikan brand Anda. Namun, tahukah anda bahwa pengaruh bentuk untuk branding juga harus kita pertimbangkan?

 

 

Apa Pengaruh Bentuk Untuk Branding?

bentuk untuk branding

 

 

Saat seseorang melihat sebuah bentuk, banyak kejadian psikologis yang terjadi dalam diri mereka. Setiap bentuk akan memberikan persepsi, emosi, dan pikiran yang berbeda bagi orang yang melihatnya. Ketika audiens melihat bentuk yang Anda gunakan untuk logo, desain produk, maupun desain yang Anda unggah ke media sosial Anda, mereka akan secara otomatis mengasosiasikan brand Anda dengan citra tertentu 

 

Bentuk adalah salah satu komponen paling penting ketika seorang graphic designer ingin memproyeksikan pesan dan merangsang respon pemirsanya. Dengan cara ini, graphic designer tersebut dapat mempengaruhi emosi audiens.sehingga memilih bentuk untuk branding harus dilakukan dengan seksama.

 

Tentu saja aspek visual seperti bentuk dan warna bukanlah satu-satunya aspek yang mempengaruhi respons audiens. Selain mempertimbangkan bentuk yang harus kita pakai untuk strategi marketing dan branding, kita juga harus mempertimbangkan aspek lain seperti usia, jenis kelamin, budaya, dan kemampuan ekonomi.

 

Banyak ilmu yang sudah mempelajari psikologi dibalik bentuk-bentuk. Namun, kita dapat secara singkat mengenali apa pengaruh bentuk tertentu terhadap psikologi audiensnya. Yuk, pahami makna tersembunyi dibalik bentuk-bentuk berikut!

 

 

Persegi dan Persegi Panjang

arti persegi

 

Salah satu bentuk yang paling sering kita temukan adalah persegi atau persegi panjang. Banyak layout desain yang menggunakan bentuk ini, sehingga persegi cukup mudah untuk ditemukan dalam merk yang kerap kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Persegi dan persegi panjang dibentuk dari empat garis tegak lurus, sehingga memberikan kesan dapat diandalkan dan terpercaya. Audiens yang melihat bentuk ini akan merasa aman dan terjamin.

 

Namun, karena sudah sering digunakan, terkadang bentuk ini dapat memberikan kesan yang kaku dan membosankan. Apabila tidak memadukan warna dan efek yang baik, persegi dapat memberikan kesan yang kurang imajinatif dan kreatif.

 

 

Segitiga

arti bentuk segitiga

 

Apabila Anda Ingin memproyeksikan kesan yang stabil, seimbang, namun tetap proresif – segitiga adalah bentuk yang sesuai untuk brand Anda. Segitiga biasanya digunakan untuk menggambarkan kesan yang energik dan dinamis, sehingga sering digunakan untuk menggambarkan arah atau pergerakan seperti dalam bentuk panah.

 

Biasanya perhatian audiens akan secara otomatis tertuju pada bagian yang mengerucut pada sebuah segitiga. Apabila segitiga menghadap kanan atau kiri, bentuk tersebut akan menggambarkan kesan kemajuan atau progress. 

 

Salah satu contoh yang paling sering kita temukan mungkin adalah pada simbol “mainkan” atau “play” pada video-video. Ketika kita melihat bentuk tersebut, secara otomatis kita akan berpikir bahwa video yang kita tonton akan berjalan apabila kita meng-klik tombol “mainkan,” bukan?

 

 

Lingkaran dan Oval

bentuk untuk marketing

 

Lingkaran dan oval adalah salah satu bentuk paling klasik yang sering kita temukan dalam berbagai macam desain. Karena lingkaran dan oval tidak memiliki sudut,bentuk ini memberikan kesan yang lebih lembut.

 

Lingkaran biasanya digunakan untuk menggambarkan proteksi atau sebuah kesatuan. Bagi yang melihatnya, lingkaran memberikan kesan yang lebih “bersahabat” dan ramah. Bentuk ini juga menggambarkan kesan yang “utuh” sehingga mengundang penontonnya untuk ikut dalam “keutuhan” tersebut.

 

Biasanya lingkaran kerap digunakan oleh para desainer karena walaupun simple, sangat mudah untuk menonjol dan dikenali. Bentuk ini juga dapat menghadirkan ketenangan bagi audiensnya.

 

Pentagon, Heksagon, dan Oktagon

bentuk untuk branding

 

Saat anda memikirkan bentuk yang memiliki segi banyak ini, mungkin objek yang paling bisa kita kaitkan adalah obeng dan baut. Dalam desain biasanya bentuk-bentuk ini digunakan untuk menggambarkan kesan kokoh.

 

Bentuk ini memang lebih jarang digunakan karena rupa nya yang agak kompleks, namun bukan berarti bentuk ini tidak cocok untuk branding Anda. Apabila bisnis Anda bergerak pada industri pembangunan atau manufaktur, mungkin Anda dapat mempertimbangkan bentuk ini dalam elemen desain atau bahkan logo Anda!

 

 

Kesimpulan

 

Bentuk memiliki peran yang krusial dalam branding. Secara tidak langsung, bentuk yang anda pilih untuk gunakan dalam desain grafis brand Anda akan menggambarkan filosofi bisnis Anda. Karenanya penting bagi Anda untuk secara seksama memikirkan bentuk apa saja yang ingin Anda gunakan ketika Anda menegmbangkan strategi branding Anda

 

 

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.