7 Alasan Otomatisasi Email Marketing
Seiring berkembangnya teknologi, Otomatisasi email marketing dibutuhkan agar manajemen hubungan pelanggan (CRM) menjadi lebih mudah. Ingin tau selengkapnya? Yuk, simak sekarang!
Otomatisasi Marketing
Otomatisasi Marketing atau Marketing Automation adalah penggunaan perangkat lunak (software) untuk mengotomatisasi proses pemasaran seperti segmentasi pelanggan, integrasi data pelanggan, dan manajemen kampanye.
Ini merupakan komponen integral dari manajemen hubungan pelanggan (CRM). Bicara soal perangkat lunak yang dimaksud ada banyak macam seperti CRM, Bot, email marketing dan lain sebagainya.
Otomatisasi Email Marketing
Dari pengertian di atas kita bisa mengetahui bahwa email marketing merupakan salah satu perangkat lunak yang menjadi bagian dari otomatisasi marketing.
Prosesnya sendiri ada banyak sekali, mulai dari membuat list hingga mengintegrasikannya dengan channel pemasaran lainnya. Biasanya yang paling umum digunakan adalah broadcast, autoresponder dan segmentasi.
Apa Perbedaannya?
Dari definisi dan pengertian di atas bisa kita simpulkan bahwa perbedaannya adalah pada cakupannya.
Alasan Mengapa Perlu Otomatisasi Email Marketing
Ada 7 alasan menjadi dasar yang perlu Anda gunakan dalam suatu bisnis:
Hemat Waktu
Dengan beralih menggunakan email marketing automation, setidaknya pekerjaan berulang bisa Anda delegasikan ke sistem, sehingga waktu Anda Anda bisa fokus ke bisnis dan melakukan hal-hal yang lebih penting untuk bisnis Anda.
Bayangkan jika list email Anda kurang dari 50, mungkin tidak begitu masalah. Namun bila lebih dari 500 list email, berapa waktu yang Anda butuhkan untuk mengatasi hal-hal yang berulang seperti ini?
Efisiensi Bisnis
Jika Anda mulai mengotomatisasi dalam bisnis Anda, maka di saat yang bersamaan Anda bisa tetap melayani lebih banyak pelanggan dengan jumlah staf yang sama atau lebih sedikit lagi.
Konsistensi Komunikasi ke Pelanggan
Konsistensi komunikasi yang dimaksud adalah bagaimana meminimalisir kesalahpahaman dalam menyampaikan informasi baik ke calon pelanggan maupun ke pelanggan lama Anda.
Maka dari itu supaya pelanggan Anda merasakan kesan yang merata dalam membaca email, Gunakan template komunikasi yang sama dan konsisten.
Personal
Anda bisa menyapa subscribers Anda dengan menyebutkan namanya. Sehingga dalam mengirimkan email Anda tidak perlu menginputkan namanya siapa satu persatu dan mengirimkannya satu persatu juga.
Cukup dengan sekali klik, email personal Anda bisa terkirim dan yang menerima emailnya akan merasa Anda hargai karena menyebutkan nama nya.
Meningkatkan Average Order Value (AOV)
Average Order Value (AOV) adalah jumlah rata-rata nilai transaksi pelanggan setiap beli sesuatu dari Anda.
Contohnya seperti ini:
Dalam sebulan seorang pelanggan membeli produk Anda sejumlah Rp. 100.000. Maka AOV nya adalah Rp. 100.000.
Dengan mengotomatisasi email marketing yang isinya produk pelengkap dari produk yang dibeli pelanggan tadi, maka di akhir bulan dia membeli produk pelengkap ini dengan harga Rp. 300.000.
Maka AOV dari pelanggan ini adalah Rp.100.000 + Rp. 200.000 = Rp. 300.000.
Kalau seandainya Anda tidak menggunakan strategi marketing ini, maka AOV Anda akan tetap di angka Rp. 100.000. Namun jika melakukan automation maka AOV Anda menjadi Rp. 300.000.
Dari ilustrasi ini membuktikan email marketing dapat meningkatkan rata-rata nilai transaksi pelanggan.
Pemasaran yang Efektif
Pemasaran dan kegiatan promosi dapat lebih efektif karena automation ini dapat diterima oleh pelanggan misalnya dalam bentuk newsletter atau email penawaran lainnya. Ini juga dapat menjaga relasi antara brand dengan pelanggan.
Kreatif Melalui Otomatisasi Marketing
Ini mengapa dikatakan kreatif karena pembuatan email marketing dapat di customise melalui email marketing platform yang nantinya dipublikasikan ke pelanggan. Untuk mengetahui selengkapnya, kunjungi 4 Manfaat Email Marketing Beserta Prakteknya.