Title Image

Tips dan Trik Tetap Aktif Walaupun WFH

Seringkali kita terlalu asyik bekerja hingga lupa pentingnya untuk tetap aktif saat WFH atau work from home. Padahal penting sekali, lho untuk menggerakkan tubuh kita setiap hari nya.

 

Tahukah Anda untuk memastikan bahwa kita tetap dapat menjalani hidup yang aktif, dikatakan kita harus setidaknya melangkah 5.000 kali setiap harinya. Hal ini bisa jadi bukan hal yang mudah apabila keadaan pandemi mengharuskan Anda untuk bekerja dari rumah.

 

Duduk diam seharian tentunya bukan hal yang baik, bahkan sekarang muncul pepatah baru yang berbunyi “sitting is the new smoking,” menggambarkan bahwa duduk diam terlalu lama bisa sama membahayakannya dengan merokok. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kesehatan selama bekerja dari rumah? Yuk, simak bersama-sama!

 

Apa Manfaat Tetap Aktif Saat WFH?

 

 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terlalu banyak duduk dapat menyebabkan berbagai macam efek samping yang kurang baik. Faktanya, apabila mulai memperbanyak gerakan tubuh Anda, dalam waktu seminggu tubuh Anda akan merasakan banyak manfaat.

 

Manfaat yang dapat Anda rasakan diantaranya adalah berkembangnya motorik disekitar otot paha, dan mengurangi tingkat gula dalah dan kolesterol. Apabila Anda juga melakukan gerakan olahraga, maka Anda akan merasakan manfaat yang lebih besar seperti berkurangnya body-mass index, dan lingkar perut Anda.

 

Banyak hal yang Anda dapat lakukan untuk mencapai hal-hal yang telah disebutkan diatas tanpa mengurangi produktivitas kerja Anda selama WFH. Berikut cara yang Krona dapat rekomendasikan untuk Anda

 

 

1. Manfaatkan Waktu Istirahat Untuk Berolahraga

 

 

Salah satu keuntungan work from home adalah Anda dapat menghemat waktu ketika jam istirahat. Anda dapat memanfaatkan fleksibilitas ini dengan berolahraga saat waktu makan siang. Walau mungkin hanya sempat untuk berolahraga selama 30 menit, hal ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih produktif dan bahkan memperbaiki suasana hati Anda.

 

Dengan berolahraga saat jam makan siang, peredaran darah Anda akan menjadi lancar. Bahkan sebuah riset menyatakan bahwa mereka yang menyempatkan untuk berolahraga selama jam istirahat dapat meningkatkan performa mereka hingga 15%. Selain itu, 60% orang menyatakan bahwa saat mereka berolahraga mereka dapat memiliki manajemen waktu yang baik dan lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline

 

 

2. Gunakan Exercise Ball Sebagai Pengganti Kursi

 

Tetap Aktif Saat WFH

 

Duduk di exercise ball saat bekerja akan menjadi alternatif yang baik bagi Anda yang tidak suka merasa terengah-engah karena berolahraga. Atau mungkin Anda yang tidak mau berkeringat di tengah jam kerja.

 

Dengan duduk di exercise ball Anda dapat menstimulasi otot di sekitar perut dan punggung Anda. Bukan hanya itu, postur Anda juga lama-kelamaan akan menjadi lebih baik. Aktivitas ini juga dapat dinamakan sebagai ‘active sitting’,  yaitu tetap aktif walaupun dalam keadaan duduk.

 

3. Pasang Timer

 

Tetap Aktif Saat WFH

 

Riset yang dilakukan oleh Columbia University menyatakan bahwa orang dewasa yang duduk selama lebih dari dua jam tanpa bangun memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kematian prematur.

 

Interval waktu yang dianjurkan untuk bangun dari posisi duduk adalah setiap 30 menit. Dengan memasang timer setiap 30 menit yang mengingatkan Anda untuk berganti posisi, maka Anda dapat mengurangi resiko kematian dini.

 

Tidak masalah apabila Anda hanya bangun dan berjalan-jalan sedikit sambil stretching, hal ini tetap akan membantu kesehatan Anda.

 

 

4. Gunakan Meja yang Dapat Diatur Ketinggiannya

 

Tetap Aktif Saat WFH

 

Sekarang, Anda dapat membeli meja yang ketinggiannya dapat diatur, sehingga memungkinkan untuk Anda bekerja sambil berdiri. Anda tidak harus selalu berdiri, cukup beberapa kali untuk melancarkan peredaran darah Anda.

 

Dengan berdiri tegak, Anda juga dapat mencegah berubahnya postur tubuh Anda menjadi agak membungkuk yang biasanya sering terjadi kepada mereka yang terlalu banyak duduk sambil bekerja menghadapi laptop

 

 

5. Stretching Walau Hanya di Meja

 

Tetap Aktif Saat WFH

 

Apabila Anda tidak punya waktu untuk bangun dari meja dan berjalan-jalan setiap 30 menit, maka melakukan peregangan atau stretching cukup untuk membuat Anda tetap aktif saat WFH.

 

Banyak olahraga dan peregangan simpel yang dapat Anda lakukan tanpa harus bangun dari kursi Anda seperti meregangkan bahu Anda, dan meluruskan tangan dan kaki Anda.

 

 

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.