Title Image
Panduan Lengkap Cara Menetapkan Tujuan Media Sosial

Panduan Lengkap: Cara Menetapkan Tujuan Media Sosial

Jika Anda bertanya-tanya: Apakah konten terbaru Anda yang viral telah berkontribusi pada keuntungan perusahaan? Apakah semua usaha Anda menghasilkan sesuatu yang nyata? Apakah media sosial Anda memberikan manfaat? Maka Anda perlu menetapkan tujuan media sosial. Hingga saat ini, sebagian besar bisnis memahami nilai pemasaran media sosial.

 

Namun, perusahaan terkadang menemukan kesulitan untuk menjelaskan nilai tersebut dengan tepat. Di sinilah tujuan media sosial menjadi penting. Krona akan membantu Anda menentukan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda dan bagaimana media sosial dapat membantu mencapainya.

 

Apa Itu Tujuan Media Sosial

Image by: Pexels

 

Apa Itu Tujuan Media Sosial?

Merupakan sasaran yang ingin dicapai dengan strategi media sosial Anda. Tujuan media sosial yang efektif selaras dengan tujuan bisnis yang lebih luas.

 

Contoh tujuan pemasaran media sosial yang umum meliputi:

 

  • Menghasilkan prospek
  • Meningkatkan lalu lintas ke situs web atau toko online
  • Membangun kesadaran merek.

 

Tujuan media sosial dapat diterapkan pada apa saja, mulai dari satu iklan atau postingan organik hingga kampanye skala besar. Tujuan media sosial harus selalu menjadi bagian dari strategi media sosial Anda yang lebih besar.

 

Mengapa Tujuan Pemasaran Media Sosial Penting?

Mengapa Tujuan Pemasaran Media Sosial Penting

Image by: Pexels

 

Tujuan ini penting karena memberikan fokus pada strategi Anda. Mereka penting seperti halnya tujuan Anda ketika mengemudi ke suatu tempat. Rute yang Anda pilih untuk sampai ke sana (itulah strategi Anda) penting, tetapi pada akhirnya, tujuan akhir Anda yang memotivasi seluruh perjalanan.

 

Memiliki tujuan pemasaran media sosial yang spesifik dan jelas juga membantu mendapatkan dukungan dari manajer, klien, atau pemangku kepentingan Anda.

 

Tujuan media sosial yang terstruktur dengan baik juga akan membantu Anda:

 

  • mengelola anggaran
  • menyusun dan menyederhanakan alur kerja
  • membuktikan pengembalian investasi pemasaran
  • dan menyelaraskan aktivitas media sosial dengan tujuan bisnis organisasi Anda yang lebih luas.

 

Mereka dapat memberikan manfaat tambahan seperti meningkatkan pengikut media sosial Anda, tetapi itu tidak boleh menjadi motivator utama Anda.

 

Baca juga: 5 Alasan Perlu Optimasi Instagram Bisnis dan Tips 2024

 

5 Langkah Menetapkan Tujuan Media Sosial

Image by: Pexels

 

5 Langkah Menetapkan Tujuan Media Sosial

Ini adalah keterampilan yang akan Anda gunakan dalam banyak aspek lain dari karier Anda, seperti saat membuat proposal media sosial. Berikut adalah langkah-langkah untuk menetapkan tujuan media sosial yang cerdas.

 

Langkah 1: Pertimbangkan tujuan bisnis Anda

 

Sebelum mulai mengajukan ide, tanyakan pada diri Anda: Masalah apa yang perlu dipecahkan oleh bisnis kita? Atau, apa yang paling menguntungkan bisnis dalam setahun ke depan?

 

Mungkin jawabannya adalah, “Bisnis kita tidak sepopuler yang kita inginkan.” Atau “Bisnis kita benar-benar membutuhkan lebih banyak konversi web.”

 

Tujuan media sosial Anda harus selaras dengan bisnis Anda. Jadi, jika bisnis Anda sering disalahartikan dengan pesaing Anda, Anda dapat menggunakan halaman media sosial Anda untuk menunjukkan perbedaan Anda dan membangun reputasi merek Anda.

 

Langkah 2: Tetapkan tujuan Anda menggunakan kerangka S.M.A.R.T.

 

Setelah Anda menyelesaikan langkah pertama, pastikan tujuan yang Anda tetapkan dapat dicapai. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kerangka SMART. Kerangka ini adalah alat yang bagus untuk menguji apakah tujuan Anda dapat dicapai secara wajar atau tidak.

 

Pastikan anda memahami strategi ini:

 

  • Spesific: Tentukan dengan jelas apa yang ingin Anda capai.
  • Measureable: Pastikan Anda bisa melacak kemajuan dengan metrik.
  • Achievable: Tetapkan tujuan yang realistis yang dapat dicapai dengan sumber daya Anda.
  • Relevant: Tujuan harus berkontribusi pada tujuan bisnis yang lebih luas (lihat Langkah 1).
  • Time bound. Bekerja dengan tenggat waktu untuk menjaga fokus usaha.

 

Contoh SMART meliputi:

 

  • Mengurangi waktu tunggu pelanggan dari 10 menit menjadi dua menit dengan memanfaatkan Facebook Messenger pada kuartal berikutnya.
  • Meningkatkan jumlah berbagi konten oleh audiens sebesar 15% di LinkedIn dalam enam bulan ke depan.

 

Langkah 3: Identifikasi metrik utama dan KPI

 

Metrik utama dan indikator kinerja utama (KPI) Anda akan bergantung pada tujuan yang telah Anda tetapkan. Misalnya, jika tujuan Anda adalah menjual lebih banyak produk dengan mengarahkan orang dari akun media sosial Anda ke situs web, maka lalu lintas dan konversi akan menjadi KPI penting.

 

Metrik umum meliputi:

 

  • Keterlibatan. Suka, berbagi, komentar, sebutan.
  • Jangkauan. Jumlah orang yang melihat postingan Anda.
  • Lalu lintas. Jumlah pengunjung yang diarahkan ke situs web Anda melalui media sosial.
  • Konversi. Tindakan yang diambil, seperti pendaftaran buletin atau pembelian.

 

Jika tidak ada yang di atas yang terasa cukup tepat, atau Anda hanya ingin lebih banyak opsi, coba metrik media sosial lainnya.

 

Langkah 4: Rencanakan strategi Anda

 

Setelah Anda tahu ke mana arah tujuan dan bagaimana mengetahui apakah Anda berada di jalur yang benar, Anda perlu merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya.

 

Pikirkan berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Ini mungkin mencakup:

 

  • Menjadwalkan postingan secara rutin untuk menjaga kehadiran merek yang konsisten,
  • Membangun hubungan dengan komunitas Anda melalui keterlibatan,
  • Menciptakan dan merancang jenis konten yang diinginkan audiens Anda,
  • Menguji A/B berbagai jenis konten dan platform sosial,
  • Mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten Anda dengan meningkatkan postingan dan menjalankan iklan media sosial.

 

Langkah 5: Laksanakan dan optimalkan

 

Setelah Anda memulai langkah-langkah tersebut, terus pantau kemajuan Anda menggunakan metrik dan KPI yang telah ditentukan pada langkah 3. Dengan cara ini, Anda bisa melihat apakah Anda berada di jalur untuk mencapai tujuan, dan jika tidak, Anda bisa menyesuaikan taktik yang digunakan.

 

Evaluasi dan optimalisasi secara teratur membantu memastikan bahwa upaya Anda bekerja menuju tujuan yang telah ditetapkan.

 

Baca juga: 9 Metrik Instagram yang Perlu Anda Pantau di 2024

 

Mengetahui Tujuan Media Sosial

Image by: Pexels

 

Tidak masalah apa bagaimana strategi Anda secara lebih luas, strategi media sosial SMART dapat membantu Anda mencapai keberhasilan.

 

Jika Anda ingin menetapkan tujuan yang tepat, kami siap membantu. Krona telah membantu hingga ratusan client untuk melakukan optimasi digital marketing, termasuk sosial media marketing. Klik disini untuk konsultasi dan mari bekerjasama!

Tags:
adenisa

She has gained interest in Brand Marketing, Business & Digital Marketing.

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hi, Krona's Here!