Panduan Lengkap: Cara Menetapkan Tujuan Media Sosial
Jika Anda bertanya-tanya: Apakah konten terbaru Anda yang viral telah berkontribusi pada keuntungan perusahaan? Apakah semua usaha Anda menghasilkan sesuatu yang nyata? Apakah media sosial Anda memberikan manfaat? Maka Anda perlu menetapkan tujuan media sosial. Hingga saat ini, sebagian besar bisnis memahami nilai pemasaran media sosial.
Namun, perusahaan terkadang menemukan kesulitan untuk menjelaskan nilai tersebut dengan tepat. Di sinilah tujuan media sosial menjadi penting. Krona akan membantu Anda menentukan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda dan bagaimana media sosial dapat membantu mencapainya.
5 Langkah Menetapkan Tujuan Media Sosial
Ini adalah keterampilan yang akan Anda gunakan dalam banyak aspek lain dari karier Anda, seperti saat membuat proposal media sosial. Berikut adalah langkah-langkah untuk menetapkan tujuan media sosial yang cerdas.
Langkah 1: Pertimbangkan tujuan bisnis Anda
Sebelum mulai mengajukan ide, tanyakan pada diri Anda: Masalah apa yang perlu dipecahkan oleh bisnis kita? Atau, apa yang paling menguntungkan bisnis dalam setahun ke depan?
Mungkin jawabannya adalah, “Bisnis kita tidak sepopuler yang kita inginkan.” Atau “Bisnis kita benar-benar membutuhkan lebih banyak konversi web.”
Tujuan media sosial Anda harus selaras dengan bisnis Anda. Jadi, jika bisnis Anda sering disalahartikan dengan pesaing Anda, Anda dapat menggunakan halaman media sosial Anda untuk menunjukkan perbedaan Anda dan membangun reputasi merek Anda.
Langkah 4: Rencanakan strategi Anda
Setelah Anda tahu ke mana arah tujuan dan bagaimana mengetahui apakah Anda berada di jalur yang benar, Anda perlu merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya.
Pikirkan berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Ini mungkin mencakup:
- Menjadwalkan postingan secara rutin untuk menjaga kehadiran merek yang konsisten,
- Membangun hubungan dengan komunitas Anda melalui keterlibatan,
- Menciptakan dan merancang jenis konten yang diinginkan audiens Anda,
- Menguji A/B berbagai jenis konten dan platform sosial,
- Mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten Anda dengan meningkatkan postingan dan menjalankan iklan media sosial.
Langkah 5: Laksanakan dan optimalkan
Setelah Anda memulai langkah-langkah tersebut, terus pantau kemajuan Anda menggunakan metrik dan KPI yang telah ditentukan pada langkah 3. Dengan cara ini, Anda bisa melihat apakah Anda berada di jalur untuk mencapai tujuan, dan jika tidak, Anda bisa menyesuaikan taktik yang digunakan.
Evaluasi dan optimalisasi secara teratur membantu memastikan bahwa upaya Anda bekerja menuju tujuan yang telah ditetapkan.
Baca juga: 9 Metrik Instagram yang Perlu Anda Pantau di 2024
Tidak masalah apa bagaimana strategi Anda secara lebih luas, strategi media sosial SMART dapat membantu Anda mencapai keberhasilan.
Jika Anda ingin menetapkan tujuan yang tepat, kami siap membantu. Krona telah membantu hingga ratusan client untuk melakukan optimasi digital marketing, termasuk sosial media marketing. Klik disini untuk konsultasi dan mari bekerjasama!