Title Image

Apakah Facebook Masih Efektif untuk Promosikan Bisnis B2B Anda?

Facebook untu b2b

 

Siapa yang tidak kenal dengan Facebook? Media sosial satu ini bisa dibilang adalah salah satu pencetus semaraknya dunia social media networking. Sejak Facebook mulai heboh digunakan pada awal tahun 2010-an, penggunaan dan fungsinya pun kian berkembang. Salah satunya adalah Facebook untuk B2B.

 

Di era ini, tentunya kita sudah tidak asing dengan promosi produk melalui media sosial. Bahkan saat kita membuka akun media sosial kita di waktu senggang, tak jarang muncul berbagai iklan tau endorsment. Dunia media sosial juga sudah tidak sama dengan sepuluh tahun yang lalu. Sekarang sudah ada banyak jenis media sosial yang masing-masing memiliki segmentasi audiens yang berbeda pula. 

 

Fenomena ini tentunya membuat marketer harus lebih cermat dalam memutuskan media sosial mana yang paling cocok untuk bisnis mereka. Mempromosikan produk Anda di media sosial tentunya akan memakan waktu dan biaya.

 

Khusus untuk Anda yang bekecimpung di dunia B2B, mungkin Anda bertanya-tanya apakah Facebook untuk B2B adalah pilihan tepat untuk mempromosikan produk Anda. Atau mungkin Anda ingin tahu bahagimana cara mempromosikan usaha B2B Anda melalui Facebook? Mari kita lihat datanya simpulkan bersama.

 

Bagaimana Keadaan Facebook Sekarang?

 

Sudah pengetahuan umum bahwa Facebook marketing bukanlah platform yang dijadikan prioritas oleh marketer Akhir-akhir ini. Alasannya beragam, namun salau satu yang paling menonjol adalah fakta bahwa Facebook dilihat sebagai media sosial yang lebih cocok digunakan untuk komunikasi personal.

 

Media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok terilhat sangat digemari akhir-akhir ini, terutama di kalangan remaja. Namun audiens untuk bisnis B2B berbeda. Umumnya audiens B2B menggunakan platform seperti Linkedin, Twitter, dan Facebook.

 

Berikut data Facebook untuk B2B marketers yang mungkin dapat berguna untuk Anda:

 

  • Dari 2,38 miliar pengguna aktif di Facebook, 74% Menyatakan bahwa mereka menggunakan Facebook untuk tujuan profesoinal, dan 46% adalah yang berkecimpung di dunia B2B – Hubspot
  • Ada 90 juta usaha mikro, kecil, dan menengah yang menggunakan Facebook – Hootsuite
  • 65% dari marketer B2B menggunnakan fasilitas Facebook Ads – Social Media Examiner
  • Pembuat keputusan di berbagai bisnis menghabiskan 74% lebih banyak waktu di Facebook dibandingkan dengan orang lain – Facebook

 

 

Strategi Tepat Menggunakan Facebook untuk B2B

Facebook untuk B2B

 

Apabila data yang kami sajikan membuat Anda tertarik menggunakan Facebook untuk B2B marketing, kami memiliki beberapa strategi yang mungkin dapat membantu Anda

 

Ikuti Tren dengan Memanfatkan Facebook Live

Konten berjenis video adalah salah satu tren yang paling mencolok di tahun 2021, terutama di media sosial. Tren lain yang tak kalah menonjol adalah berhubungan secara personal dengan target audiens.

 

Fitur Facebook Live dapat membantu Anda memanfaatkan kedua tren ini kedalam satu strategi.

 

Dengan melakukan sesi Facebook Live setiap minggunya, Anda bisa membuat konten yang dapat bermanfaat baik untuk branding maupum mempromosikan produk Anda. Facebook Live juga memiliki fitur dimana Anda bisa menyimpan hasil tayangan langsung Anda, jadi Anda dapat mengunduh video Anda untuk diunggah lagi kemudian di platfrom lain seperti Linkedin atau Youtube.

 

Temukan Calon Leads dengan Grup dan Komunitas Facebook

Grup dan Komunitas Facebook atau Facebook Communities and Groups akan sangat berguna untuk usaha B2B  Anda yang membutuhkan demand generation. Audiens B2B biasanya memiliki waktu yang lebih terbatas. Karenanya, mereka memilih untuk mengakses konten yang memang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

 

Grup dan Komunitas Facebook berperan besar dalam hal ini. Hal ini terjadi karena topik dan konten yang dibahas dalam Grup dan Komunitas Facebook sangat spesifik, sehingga dapat dengan mudah menggaet audiens yang sudah tergsegmentasi

 

Berikut tips agar anda dapat menggunakan Grup dan Komunitas Facebook untuk B2B dengan maksimal:

  • Gunakan Grup Facebook untuk mempromosikan event seperti webinar dan workshop
  • Buat nama grup yang jelas dan sesuai dengan industri juga produk yang anda tawarkan
  • Pastikan anda mengunggah kontenyang menarik secara rutin
  • Ikuti juga berbagai grup dan komunitas untuk mempromosikan konten Anda. Melalui cara ini, Anda juga bisa memperlajari preferensi target audiens Anda secara lebih jauh
  • Manfaatkan fasilitas ini untuk membuat hubungan professional dan personal dengan anggota komunitas

 

Berhubungan Secara Personal dengan Messenger

Seperti yang sudah dibahas di atas salah satu tren yang besar di media seosial adalah hubungan yang personal dengan audiens. Dengan menggunakan direct message, komentar, dan membalas konten – Anda dapat menjalankan komunikasi yang dekat dengan target audiens Anda.

 

Facebook Messenger adalah alat yang sangat efektif untuk menjalankan strategi untuk berbicara dengan H2H (Human to Human).  Dengan Ini Anda dapat mengikutsertakan lebih banyak audiens dan mengubah mereka menjadi leads atau bahkan pelanggan Anda!

 

 

Apakah Facebook Masih Patut dijajal Bisnis B2B ?

Bagaimana menurut Anda? Anda memiliki tips lain untuk dibagikan? Mari diskusikan!

 

 

 

 

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.