Title Image

Memanfaatkan Influencer Marketing secara Maksimal

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan influencer marketing. Bahkan mungkin telah mempertimbangkan atau menggunakannya untuk bisnis Anda.

 

Keunggulan dari platform media sosial saat ini, utamanya Instagram, yang memiliki pengguna aktif mencapai 1 miliar. Dengan begitu, memanfaatkan kekuatan influencer bisa menjadi langkah besar dan baik bagi strategi marketing bisnis.

 

Memahami Influencer Marketing

influencer marketing

 

Influencer menggunakan media sosial untuk memperkenalkan atau berbagi pendapat tentang produk atau brand dengan pengikut mereka. 

 

Seseorang dianggap influencer karena terbukti dapat mempengaruhi pengikut mereka untuk membangun awareness dan menarik minat mereka untuk membeli produk atau layanan melalui konten dengan menyorotnya secara positif.

 

Influencer Marketing bisa dibilang bentuk word-of-mouth dengan cara merekomendasikan sebuah produk atau layanan. Akibatnya, bagi brand yang dapat bekerjasama dengan influencer akan sangat membantu dalam memasarkan produk.

 

Media sosial berperan penting di dalam strategi influencer marketing. Karena seorang influencer memiliki banyak pengikut yang menjadikannya idola atau sosok yang disukai sehingga lebih mudah membuat mereka tertarik dan percaya.

 

Dalam menjangkau target audiens, cobalah Anda mencari tahu karakteristik influencer yang memiliki minat atau menjadi ahli di bidang yang sesuai dengan penawaran bisnis Anda. Jadi Anda dapat menyasar pengikut mereka sebagai target audiens.

 

Tahapan dalam Melakukan Influencer Marketing

influencer marketing

 

Berikut adalah enam tahapan yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan influencer marketing sebagai kampanye dalam bisnis Anda.

 

Identifikasi platform terbaik bagi bisnis Anda

 

Identifikasi platform terbaik yang sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda menargetkan milenial, maka Instagram adalah pilihan yang tepat, karena itu media sosial paling populer di antara kalangan minenial. Jika Anda ingin berhubungan dengan orang yang lebih tua, maka Facebook mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

 

Lakukan riset Anda

 

Cari tau apa yang menjadi tujuan dari dilakukannya influencer marketing, dan cari tahu yang kompetitor Anda lakukan untuk dijadikan benchmark.

 

Kebanyakan brand saat ini menghindari melakukan hard sellingDengan menggunakan influencer yang membicarakan terkait sebuah produk atau layanan kepada pengikutnya, dapat dianggap sebagai bentuk soft selling yang dinilai lebih efektif di dalam kegiatan pemasaran.

 

Temukan influencer yang tepat

 

Temukan influencer yang kredibel dan terbukti sukses dalam mempengaruhi pengikutnya, tetapi juga sesuai dengan target audiens Anda. Jangan mudah terkecoh dengan influencer yang memiliki banyak pengikut atau yang menawarkan jasanya dengan harga murah, karena bisa jadi pengikut tersebut tidak organik. Penting juga untuk mempertimbang kesesuaian produk atau jasa yang ditawarkan dengan bidang yang menjadi minat influencer.

 

Memberikan instruksi yang jelas

 

Influencer dianggap sebagai ahli dalam bidang yang dia sukai, karena itu cara mereka menarik pengikut di media sosial. Jika Anda sudah menentukan siapa influencernya, selanjutnya buatlah kesepakatan dengan jelas dalam bekerjasama. Anda berhak untuk memberikan instruksi terkait apa yang harus dilakukan oleh influencer dan menyampaikan tujuan Anda.

 

Sebaiknya Anda juga dapat mempercayai influencer dalam membuat kampanye yang autentik dan menarik karena mereka yang paling memahami pengikutnya dan berhubungan langsung. Tapi juga masih harus sesuai dengan strategi yang telah Anda buat.

 

Memperjelas teknik yang akan digunakan

 

Strategi dalam influencer marketing terus mengalami perkembangan dan bisa menjadi kekuatan pemasaran jika dilakukan dengan baik dan tepat. Tentukan dengan jelas strategi dan teknik yang akan dilakukan demi mencapai tujuan akhir. Seperti menentukan konten seperti apa yang diinginkan dari influencer dan bentuk postingan seperti apa yang diinginkan, foto atau video, di feed atau story. 

 

Bahkan hal seperti membayar biaya di depan atau di akhir, berdasarkan hasil yang didapat dari postingan atau per postingan, itu harus sudah ditentukan di awal. Coba cari tahu kampanye dari influencer marketing yang serupa dengan brand atau bisnis Anda untuk mendapatkan inspirasi.

 

Pahami aturan mainnya

 

Sangat penting memahami aturan yang berlaku, baik tertulis maupun tidak, yang berkaitan dengan bisnis dan influencer. Untuk tau cara menerapkan influencer marketing dengan benar dan mengantisipasi masalah yang berkaitan dengan hukum kedepannya.

 

Berikut beberapa poin terkait aturan atau hukum yang bisa dipertimbangkan saat memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer.

  • Influencer berkewajiban memberikan semua aturan atau cara kerjanya di awal, termasuk dalam pembayaran dan apa yang didapat
  • Postingan bersponsor harus diberi label yang jelas
  • Tidak boleh memberi pernyataan atau penjelasan yang salah atau menyesatkan, harus berdasarkan fakta
  • Influencer tidak dapat menunjukan brand Anda secara terang-terangan, bahkan mengatakan bahwa mereka disponsori oleh Anda.

 

Kesimpulan

 

Influencer marketing telah dianggap banyak orang sebagai tools marketing yang ampuh bagi brand dan bisnis untuk menjangkau target audiens, utamanya di masa pandemi ini.

 

Diketahui bahwa sebagian besar konsumen lebih tertarik dan merasa lebih percaya untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan oleh influencer yang disukai.

Jika dilakukan dengan benar, influencer marketing dapat menjadi cara yang baik untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan.

Qonita Imania Assilah About the author

As a graduate of Communication Science who is then continuing her master degree in Media and Communication study at Airlangga University, Qonita has gained interest in Public Relations, Journalism and Media Relations. As a result, her passion encourages her to become a writer.