Title Image

Apakah Arah Perkembangan Bisnis Anda Sudah Tepat?

Mengembangkan bisnis tentunya adalah hal lumrah yang ingin dicapai oleh pengusaha-pengusaha. Namun, apakah pernah terpikirkan oleh Anda apabola mengembangkan bisnis adalah langkah yang tepat untuk Anda lakukan?

 

Sebelum membuat keputusan yang besar, yuk simak hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengambil langkah-langkah yang akan menentukan arah perkembangan bisnis Anda!

 

 

Apa Arti dari Mengembangkan Bisnis?

mengembangkan bisnis

 

Dalam ilmu bisnis, arti dari pekembangan atau growth adalah membuat suatu perusahaan untuk menjadi lebih sukses dalam suatu hal.

 

Hal ini bisa berbentuk macam-macam. Anda bisa menemukan aliran pendapatan baru atau bahkan mempekerjakan tenaga ahli untuk membantu kegiatan usaha Anda.

 

Nah, jadi mengembangkan bisnis itu tidak semerta-merta menambah cabang lokasi Anda atau memperoleh pendapatan yang berlipat ganda. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda

 

 

Ingat Tujuan Utama Anda

 

Seiring dengan berjalannya waktu, mudah bagi kita untuk terbawa suasana kegiatan bisnis-sehari sehingga tujuan awal yang ingin kita capai kian terlupakan.

 

Beberapa pengusaha membuka bisnis mereka untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, ada juga yang memulai usaha untuk membuat lapangan kerja bagi komunitas di sekitar mereka. Atau mungkin mereka ingin membuat revolusi dalam sebuah bidang. Nah,  sekarang coba anda ingat-ngat kembali, apa tujuan Anda ketika pertama membuka bisnis Anda?

 

Sebagai pengusaha, Anda bebas untuk menentukan objektif seperti apa yang menunjukkan bahwa Anda telah sukses mencapai tujan. Anda juga dapat menentukan arah perusahaan Anda. Pastikan arah tersebut akan membawa Anda pada kesuksesan.

 

 

Kenali Usaha Anda: Usaha atau Start-Up?

 

Ketika Anda mendengar kata start up mungkin yang terbesit di otak Anda adalah perusahaan modern berbasis teknologi atau mungkin perusahaan yang baru saja didirikan. Kenyataannya bukan seperti itu.

 

Sebuah start up adalah bisnis yang mencoba untuk menemukan cara yang lebih baik untuk melakukan kegiatan usaha dengan lebih cepat, sehingga mendisrupsi status quo yang berlaku sebelunya.

 

Sedangakan usaha adalah bisnis yang tidak memiliki tujuan untuk membuat revolusi, baik dalam industrinya maupun cara bekerjanya. Tidak berarti bahwa usaha adalah bisnis yang tidak modern. Bedanya hanyalah bahwa usaha menggunakan model bisnis yang sudah ada.

 

Langkah Selanjutnya

Nah, Anda sekarang sudah tahu apa yang harus Anda pikirkan sebelum mengambil langkah untuk mengembangkan bisnis Anda. Banyak hal lain yang bisa Anda pelajari dari bisnis-bisnis yang sudah berjalan. Simak video ini untuk penjelasan lebih lanjutnya!

 

 

 

 

 

 

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.