Karakteristik Pengguna Media Sosial dari Setiap Generasi
Media sosial kini telah menjadi hal lumrah yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Pengguna media sosial juga luas dan memiliki karakter yang berbeda-beda.
Karakter ini akan sangat dipengaruhi oleh umur Anda. Tergantung dengan kapan Anda dilahirkan, cara Anda menggunakan media sosial akan sangat berbeda dengan generasi sebelum atau sesudah Anda.
Memang benar, kini media sosial kini bukan hanya sebatas alat untuk berhubungan dengan teman-teman atau keluarga saja. Sosial media kini telah berubah menjadi suatu tempat dimana para penggunanya dapat berhubungan dengan brand, influencers, berbelanja, bahkan melakukan riset kecil-kecilan!
Dari kegiatan tersebut kira-kira yang mana yang paling sering Anda lakukan? Apakah kegiatan yang Anda lakukan sesuai dengan karakteristik pengguna media sosial pada rentang generasi Anda?
Sebelum kita mulai mencari tahu, silahkan lihat data ini untuk tahu bagaimana kami mengelompokan rentang usia dari setiap generasi:
- Baby Boomers: 1946 – 1964
- Generasi X: 1965 – 1979
- Generasi Y / Millennials: 1980 – 1995
- Generasi Z: 1996 dan seterusnya
Baby Boomers
Dalam angkatan kerja, dapat dikatakan bahwa baby boomers merupakan generasi yang paling tua. Generasi ini tidak memiliki akses atau menjadi pengguna media sosial hingga mereka sudah cukup berumur.
Walaupun sudah banyak baby boomers yang menjadi pengguna media sosial, mereka masih enggan untuk sering menggunakannya. 82% dari baby boomers yang memiliki akses terhadap internet sudah memiliki media sosial.
Kebanyakan media sosial yang mereka gunakan adalah Facebook dan LinkedIn, karena penting pagi generasi ini untuk memisahkan antara kehidupan pribadi dan profesional mereka. Mereka juga biasanya hanya memiliki satu akun per media sosial.
Generasi ini menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat dan melakukan riset mengenai info-info yang menarik untuk mereka. Bagi mereka, media sosial adalah salah satu sumber informasi.
Mereka juga merupakan generasi yang paling sering membagikan konten, namun paling jarang melakukan pembelian melalui media sosial.
Generasi X
Saat ini, Generasi X biasanya adalah mereka yang sedang menikmati buah susah payah mereka di masa lalu dan memegang posisi penting di berbagai bisnis atau perusahaan. Karenanya, kemampuan beli Generasi X merupakan salah satu yang tertinggi.
Pengguna Media sosial dari generasi X sebenarnya lebih sering mengakses media sosial dibandingkan dengan generasi Millenial, mengejutkan bukan?
Generasi X sebenarnya dapat menerima media sosial dengan relatif cepat. Bedanya, mereka tidak terlalu suka untuk mengunggah konten layaknya Generasi Millenial. Kebanyakan dari mereka menggunakan media sosial hanya untuk berhubungan dengan teman-teman mereka atau mencari berbagai informasi.
Generasi X lebih mungkin untuk melakukan pembelian dari media sosial, namun mereka harus melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu dan cenderung membuat banyak pertimbangan. Media sosial yang paling sering mereka gunakan adalah Facebook.
Generasi Millennial
Generasi Millenial adalah generasi pertama yang memanfaatkan media sosial sebagai cara utama mereka berkomunikasi. Mereka sudah familier dan terbiasa menggunakan media sosial sejak mereka masih bersekolah.
Karena mereka sudah menjadi pengguna media sosial dari dini, Generasi Milenial melihat media sosial sebagai hal yang tidak dapat terpisahkan dari hidup mereka. Baik dalam kehidupan professional maupun kehidupan pribadi mereka.
Instagram dan Facebook adalah dua media sosial yang paling digemari oleh generasi ini. Millenial juga tak jarang mengakses lebih dari satu media sosial dalam satu hari.
Generasi ini sangat mudah terpengaruhi oleh apa yang mereka lihat di platform-platform media sosial. 72% dari Millenial mengaku telah membeli barang fashion karena terpengaruh konten yang mereka lihat di media sosial. 84% Millenial menyatakan bahwa mereka membeli barang dari user generated content.
Millenial juga lebih percaya terhadap influencer dari pada iklan tradisional dibandingkan generasi sebelumnya. Millennial merupakan pengguna media sosial yang kerap mencari validasi dan percaya akan advokasi orang disekitar mereka
Apabila anda ingin memasarkan bisnis Anda kepada generasi ini, Anda bisa menggunakan data ini sebagai referensi.
Generation Z
Generasi Z adalah generasi yang mungkin tidak ingat bagaimana dunia sebelum media sosial ada.
Generasi ini menganggap media sosial sebagai sumber utama hiburan mereka. Contohnya, mungkin kebanyakan Generasi Z lebih memilih untuk menonton TikTok atau YouTube dibandingkan dengan menonton televisi. 44% dari Generasi Z bahkan mengaku bahwa mereka mengunjungi akun media sosial mereka setidaknya satu jam sekali.
Gen Z juga tidak terlalu suka membagikan kehidupan pribadi mereka mereka di media sosial dibanding Millenial, mereka lebih menyukai konten yang to the point dan memiliki batas waktu seperti Instagram Stories atau Snapchat.
YouTube merupakan media sosial yang paling sering dikonsumsi oleh Generasi Z. 95% dari Gen Z menyatakan kalau mereka menonton YouTube dan 50% mengaku bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa Youtube.
Generasi Z lebih senang menggunakan media sosial untuk mendapatkan hiburan dan mengisi waktu luang mereka, bukan halnya untuk bersosialisasi. Generasi ini sangat tertarik pada visual dan memiliki rentang perhatian yang cukup rendah, yaitu 8 detik per konten media sosial.
Apabila Anda ingin memasrakan bisnis Anda, pastikan konten Anda memiliki visual yang eye catching dan dapat meraik perhatian dalam waktu singkat!
Bagaimana Karakteristik Pengguna Media Sosial Anda?
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda setuju dengan hasil yang telah kami temukan? Mari diskusikan!