Title Image

Mengapa Carousel Ads Dapat Menarik Banyak Engagement di Media Sosial?

Carousel Ads merupakan bagian terbaik dari media sosial untuk periklanan industri di saat ini.

 

Mereka tidak hanya memberikan jeda dari tampilan statis yang membosankan, tetapi juga melibatkan para audiens karena sifatnya yang interaktif.

 

Alhasil mereka memiliki engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis posting Instagram lainnya.

 

Dalam artikel ini kami akan memberi pengetahuan yang perlu Anda ketahui tentang carousel ads.

 

Serta beberapa inspirasi untuk membantu Anda memulai menggunakan carousel ads dalam strategi marketing Anda.

 

Apa Itu Carousel Ads?

 

Berdasarkan definisi dari Sprout Social, Carousel Ads merupakan jenis format iklan yang menggabungkan beberapa video atau gambar menjadi satu iklan.

 

Diantaranya iklan carousel paling populer di Instagram dan Facebook. Brand dari berbagai industri dapat menampilkan sejumlah gambar untuk meningkatkan peluang konversi atau penjualan.

 

Karenanya iklan carousel dibuat secara menarik baik visual dan interaktif, hal ini karena cara tersebut dianggap sangat menarik untuk mempromosikan bisnis.

 

Artikel yang dilansir dari Spicework juga menambahkan bahwa carousel ads dapat memberi beberapa manfaat seperti:

 

  • Memasarkan produk atau aplikasi tertentu
  • Memberikan detail tentang produk, paket, atau aplikasi
  • Menceritakan sebuah kisah melalui carousel ads yang berurutan atau untuk menampilkan satu gambar panjang dalam post tersebut
  • Menghindari pembuatan dan mengunggah gambar produk individual secara manual

 

Carousel Ads menarik banyak engagement
Mengapa Carousel Ads Dapat Menarik Banyak Engagement di Media Sosial?

 

Menurut informasi yang diterbitkan oleh Buffer, carousel ads merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kehadiran suatu brand di media sosial.

 

Disamping itu, media sosial seperti Instagram merupakan tempat yang tepat untuk menggunakan jenis carousel ads.

 

Beriklan di Instagram adalah cara yang bagus untuk mendapatkan keuntungan yang terlihat dari popularitas aplikasi tersebut.

 

Selain itu, penggunaan carousel ads di Instagram dapat digunakan untuk memasarkan produk, menarik audiens baru, dan mendapatkan calon klien baru.

 

Sebuah brand dapat memanfaatkan Instagram baik dengan konten organik maupun berbayar dengan menggunakan semua format.

 

Khususnya yang sudah ditawarkan dalam fitur atau bentuk carousel ads Instagram seperti contoh dalam bentuk Stories maupun Feeds.

 

Ditambah dengan survey yang ada dalam artikel Productsup juga menyebutkan bahwa 75% pengguna Instagram mencari dan mengunjungi situs setelah melihat salah satu jenis carousel ads yang ditampilkan.

 

Karena alasan tersebut hal ini dianggap cukup umum jika carousel ads yang ditampilkan terus bermunculan dalam Feeds Instagram dengan tampilan slide yang berbeda setiap kalinya.

 

Meningkatkan Penjualan melalui Carousel Ads
Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Carousel Ads?

 

Sebelum menjalankan carousel ads, ada hal-hal tertentu yang dapat Anda gunakan untuk memberikan peningkatan pada penjualan Anda. Hal – hal yang dimaksud adalah sebagai berikut :

 

  • Menjaga pembeli Anda dalam pikiran : Untuk kampanye pemasaran berbasis perorangan yang efektif, iklan carousel dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan pelanggan potensial nantinya.
  • Memberikan visual yang menarik : Post carousel ads pertama Anda harus selalu menarik perhatian pengguna Anda, dan dengan cara seperti itu Anda membuat para audiens terlibat dengan iklan Anda,
  • Membuat post-click experience yang bersifat positif : Melalui CTA yang menarik, kita harus memastikan bahwa saat pengguna mengklik iklan Anda, mereka diarahkan ke halaman website yang ada dalam pesan iklan carousel Anda.

 

Untuk satu hal seperti ini Advertisers dan Marketers mengetahui bahwa iklan atau kampanye pemasaran yang sukses bergantung pada kemampuan untuk membuktikan ROI yang baik.

 

Seperti layaknya iklan carousel, selain menggunakan metrik yang standar, mereka juga menawarkan rasio klik-tayang “like” dan jumlah prospek per unit iklan.

 

Di samping itu Anda juga dapat melihat jumlah clicks dan impression dari masing-masing carousel ads post sehingga menambah value pada ROI Anda.

 

Model yang Tepat Untuk Menggunakan Carousel Ads
Model Apa Saja Yang Tepat Untuk Memasang Carousel Ads?

 

Iklan carousel adalah cara yang menyenangkan untuk melibatkan audiens Anda. Tetapi ada hal-hal tertentu yang perlu Anda ingat dalam penerapan model ini.

 

Berikut adalah tiga cara model terbaik yang harus diikuti serta kesalahan yang dapat Anda hindari saat menjalankan iklan digital.

 

1. Pilih Jenis Carousel Yang Akan Digunakan Antara Foto atau Video?

 

Bahwasannya iklan carousel secara visual harus dapat menarik serta dapat mengambil perhatian para audiens.

 

Gambar atau video yang Anda gunakan dalam post carousel ads harus saling terkait satu sama lain dalam satu post tersebut.

 

Hal lain yang bisa digunakan seperti gambar atau video yang menampilkan rangkaian produk serupa atau mewakili bagian individual dari foto yang lebih besar.

 

 

Seperti contoh salah satu carousel ads dari brand kecantikan yaitu Miss Daisy Indonesia yang memperkenalkan varian produk mereka yang wanginya mirip dengan brand Jo Malone kepada para audiens.

 

Sebagai hasilnya ditemukan bahwa dalam iklan carousel milik brand Miss Daisy memberikan detail yang sangat jelas mengenai varian yang mereka miliki.

 

Miss Daisy pun juga menunjukkan produknya secara close up dari produk mereka serta memberikan informasi yang jelas mengenai kandungan apa saja yang ada dalam produk mereka.

 

Dengan menggunakan nada warna yang hangat, foto yang simple, dan copywriting yang ditampilkan dengan dua bahasa, Miss Daisy sebagai brand kecantikan dapat menarik para audiens yang mempunyai daya beli tinggi.

 

2. Perhatikan Penggunaan Copywriting Anda

 

Begitu juga dalam hal ini iklan carousel harus memiliki visual yang besar, tetapi konten yang sedikit. Batasi copywriting menjadi beberapa kata atau ajakan bertindak.

 

Dan dalam pilihan pembuatan copywriting akan lebih baik jika Anda dapat menghindari penggunaan kalimat yang sering digunakan oleh para general public seperti “Ayo Beli Disini!” atau “Click Here for More!”.

 

Saat merancang iklan carousel, Anda diharuskan mengetahui informasi apa saja yang akan ditampilkan pada slide-slide tersebut.

 

 

Sebagai gambaran di atas, Oppo mencoba untuk mengajak publik datang ke acara mereka di London Design Festival 2022 dengan menggunakan carousel ads yang dapat memberikan informasi yang detail.

 

Copywriting yang dibuat menyebutkan bahwa orang-orang yang akan datang ke acara Oppo di London Design Festival 2022.

 

Disana para publik bisa berkesempatan untuk memamerkan keahlian mereka serta berbincang dengan para ahli seni dan teknologi dalam acara tersebut.

 

Dan terlihat pula Oppo memberikan informasi yang jelas mengenai detail acara . Dalam slide carousel ads pertama, mereka memberikan gambaran sekilas tentang acara yang akan dilaksanakan.

 

Namun, dalam slide kedua mereka memberikan informasi yang lebih mendalam .

 

Dimana mereka menunjukkan para ahli dan pembicara yang akan memberikan pembicaraan kepada audiens dalam festival tersebut.

 

3, Menunjukan Bagaimana Produk Anda Dapat Digunakan

 

Iklan carousel juga dapat mendorong audiens untuk terlibat dengan cara menggeser slide yang ada di dalam posts tersebut.

 

Sementara itu penggunaan format seperti ini juga dapat menunjukkan bagaimana produk Anda digunakan.

 

Sebagai contoh, brands sering membuat step-by-step post melalui serangkaian foto yang diikuti oleh video pendek di akhir post.

 

Hal tersebut yang akan membuat audiens tertarik untuk mengklik lebih lanjut, sehingga dapat meningkatkan engagements.

 

Kesimpulan

 

Secara keseluruhan, semakin banyaknya brands yang sudah mulai beriklan di media sosial untuk bersaing dengan satu sama lain.

 

Sebagai Marketer, Anda perlu memastikan bahwa konsumen tidak bosan dengan konten Anda.

 

Selagi itu pun Anda terus memberikan arahan kreatif yang baru ke iklan sambil tetap relevan di masa kini.

 

Dalam hal ini pula iklan carousel memberi Anda kesempatan untuk tidak hanya menarik perhatian konsumen tetapi juga membuatnya terlibat dengan brand Anda.

 

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan iklan carousel saat Anda membuat kampanye iklan media sosial untuk kedepannya.

 

Sumber :

Retno Dwi Lestari About the author

An International Relations Graduates, who loves to explore and learn new things especially about Digital Marketing trends and passionate in making content writing about insightful stuff around us.