Title Image
Mengapa Search Engine Penting di Dunia Bisnis

Ini Alasan Mengapa Search Engine Penting di Dunia Bisnis

Sudah tidak asing lagi bagi para pelaku digital marketing di Indonesia akan menghubungkan kata search engine dengan layanan mesin pencari dari Google.

 

Nampaknya branding tersebut tidaklah salah, karena Google menguasai sebagian besar pangsa pasar pengguna search engine di Indonesia lebih dari 98%.

 

Search Engine

Photo by Paxels

 

Apa Itu Search Engine?

 

Search Engine adalah sebuah wadah berisi kumpulan data dari banyak sumber yang bisa memudahkan kita dalam mencari data. Bisa diibaratkan juga sebagai sebuah perpustakaan yang berisi banyak buku di dalamnya yang membantu kita untuk mendapatkan referensi.

 

Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) adalah sebuah strategi marketing untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di halaman mesin pencari seperti Google. Pengertian mudahnya, SEM dapat diartikan sebagai kegiatan membeli traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.

 

Namun sebenarnya, ada banyak mesin pencari atau penelusur web yang bisa diakses di Indonesia selain Google. Contohnya saja Bing, Yandex, Yahoo! Search, DuckDuckGo, dan masih banyak lagi.

 

Fitur Search Engine Google

Dalam mesin pencari Google, setidaknya ada 16 fitur dalam 4 kategori untuk membantu pengguna menemukan informasi yang dibutuhkan.

 

Empat Kategori tersebut adalah:

 

  • Rich Snippets, untuk memperjelas sebuah informasi secara visual. Salah satu bentuknya adalah review dalam bentuk bintang.
  • Paid Result, untuk menampilkan iklan Google Ads
  • Universal Result, untuk menampilkan hasil pencarian dokumen dalam format berbeda selain referensi situs, contohnya adalah hasil pencarian gambar, penggalan artikel (biasa disebut snippet)
  • Knowledge Graph, sebuah panel penjelasan yang biasa terdapat di sebelah kanan hasil pencarian.

 

Berikut adalah fitur dari Search Engine Google yang populer

Google Ads

Google Ads

 

Shopping Ads

 

Featured Snippet

Featured Snippet

 

People Also Ask

People Also Ask

 

Local Map Search

Local Map Search

 

Recipes Pack

Google Recepies Pack

 

Video Pack

Google Video Pack

 

Image Pack

Google Image Pack

 

Top Stories

Top Stories Google

 

Exchange Rate

Exchange Rate by Google

 

Knowledge Panel

Knowledge Panel - Krona

 

Optimasi Search Engine

 Agar bisa direkomendasikan oleh mesin pencari, para webmaster atau pemilik situs website, biasanya melakukan serangkaian usaha agar halaman web yang dihasilkan semakin relevan dengan target pasar. Kegiatan optimasi ini biasanya dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization).

 

Optimasi Search Engine

Photo by Paxels

 

Google tidak pernah memberikan langkah pasti bagaimana sebuah situs bisa dioptimasi untuk meningkatkan peringkat posisi teratas di hasil pencarian di Google.

 

Namun, situs yang dihasilkan harus memiliki kriteria berikut:

 

  1. Menjadi solusi untuk pengguna Google
  2. Terstruktur Baik dan Mudah digunakan (Usability) – On Page SEO
  3. Tidak memiliki permasalahan teknis (Error) – Technical SEO
  4. Dari sumber yang bisa terpercaya (bukan hoax) dan mendapat referensi dari situs terpercaya lain (Off page SEO)

 

Cara Kerja Search Engine

Secara garis besar kegiatan ini mengoptimasi 3 fase:

 

1. CRAWLING : Tahap di mana mesin pencarian Google mengirimkan sebuah robot untuk menemukan konten baru dan maupun konten lama yang sudah diperbarui.

 

2. INDEXING : Dimulai dengan menganalisis isi konten yang ada dalam sebuah website. Seperti keyword yang dipakai tersebut apakah relevan dengan isi kontwn yang dibuat.

 

3. RANKING : Bekerja dengan cara mengurutkan halaman paling relevan dan berkualitas hingga yang paling tidak relevan.

 

Manfaat Mengapa Harus Optimasi Search Engine Marketing

SEM memiliki banyak manfaat dan efektivitas lebih tinggi daripada metode pemasaran lain yang tidak berbayar. Apa saja manfaatnya? berikut manfaat yang Anda peroleh dari SEM.

 

Berada di Halaman 1 Google

 

Pada umumnya, SEM cenderung dimanfaatkan untuk menghasilkan konversi yang lebih tinggi. Hal ini karena SEM biasanya menargetkan kata kunci yang mengandung niatan untuk melakukan pembelian, sehingga trafik yang dihasilkan adalah para pengunjung website yang memang memiliki keinginan untuk membeli. Hal inilah yang akhirnya akan meningkatkan konversi Anda.

 

Meningkatkan Brand Awareness

 

SEM bisa meningkatkan brand awareness lebih tinggi, yakni sampai 80% dibanding penggunaan SEO atau produk lainnya. Walaupun tidak di klik tetapi iklan Anda akan tetap tampil di halaman mesin pencari.

 

Biaya Yang Dapat Disesuaikan

 

Anda dapat menentukan biaya sesuai dengan kemampuan Anda, tapi perlu diingat semakin banyak anggaran yang dikeluarkan maka semakin besar kesempatan Anda mengalahkan kompetitor.

 

Efektif Untuk Menjangkau Pelanggan Lokal

 

Selain dengan SEM, toko fisik umumnya memanfaatkan Google My Business agar toko tersebut tampil di Google Maps, sehingga lebih mudah ditemukan oleh penduduk lokal yang ingin berkunjung.

 

Kombinasikan keduanya (My Business dan SEM) dan bisnis Anda akan mendapatkan konversi dan brand awareness yang lebih tinggi.

 

Bayar Hanya Jika Mendapat Klik

 

Salah satu mekanisme pembayaran SEM yang paling populer adalah menggunakan skema Cost per Click (CPC) atau biaya per klik. Bisa dikatakan Anda akan membayar jika iklan Anda di klik, tetapi kalau iklan Anda tidak diklik Anda tidak Perlu membayarnya.

 

Alternatif Search Engine

Selain Google, berikut adalah 4 alternatif mesin pencari yang menempati top 6 pangsa pasar pengguna internet di Indonesia per Juli 2021-Juli 2022.

 

1. Bing (bing.com , Pangsa Pasar 3,2%)

 

Bing

 

Dikembangkan oleh Microsoft yang sebelumnya menggembangkan mesin pencari lain yaitu Live Search dan MSN Search. Kemampuan Bing cukup mumpuni karena penelusuran bisa dilakukan untuk Situs, Gambar, Situs Berita, dan Xrank (pencarian berdasarkan perilaku pengguna).

 

2. Yandex (Yandex.com , Pangsa Pasar 1,49%)

 

 

Yandex merupakan merupakan perusahaan berbasis Rusia yang juga turut mengembangkan mesin penelusur web yang berfokus pada pencarian secara realtime seperti situs berita.

 

Pada tahun 2009 Yandex meluncurkan teknologi Matrix Net, sebuah metode pembelajaran mesin (machine learning) yang dinilai bisa bersaing dengan teknologi yang dikembangkan Google. Di Rusia sendiri, penggunaan Yandex Search sudah melebih angka 60%.

 

3. Yahoo (search.yahoo.com , Pangsa Pasar 1,33%)

 

 

Yahoo awalnya dikembangkan lebih sebagai Direktori Web dan bukan sebagai mesin pencari. Namun kerjasama dengan microsoft pada 2009 membuat Yahoo juga menjadi mesin pencarian alternatif yang digunakan di Indonesia.

 

4. DuckDuckGo (duckduckgo.com , Pangsa Pasar 0,7%)

 

Tampilan DuckduckGo

 

Duckduckgo adalah contoh search engine yang menawarkan pengalaman pengguna yang sangat unik sebagai sebuah mesin pencarian yang privasi. Search engine ini menjanjikan mereka tidak mengumpulkan informasi pribadi, data browser, hinggal alamat IP juga disembunyikan dalam teknologi yang terenkripsi.

 

Tidak hanya meningkatkan brand awareness dan meningkatkan traffic pada halaman Google, Penggunaan search engine dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada suatu brand.

 

Selain optimasi search engine, Anda bisa melakukan optimasi sosial media dan atau e-commerce sebagai platform branding dan jual-beli online.

Klik disini untuk dapat meyakinkan lagi bagaimana potensi dari search engine marketing.

 

adenisa