Title Image

Cari Tahu Tren Digital Marketing 2022 untuk Bisnis Anda

Tren digital marketing 2022 menjadi tantangan dan peluang bagi bisnis Anda.

 

Teknologi dan dunia bisnis selalu mengalami perubahan, tumbuh, dan bergerak, sampai akhirnya membawa pada sebuah tren baru dalam digital marketing.

 

Perkembangan teknologi dan internet mempengaruhi dunia digital marketing dalam berbagai cara, seperti dalam berkomunikasi dengan audiens. 

 

Tren digital marketing pada tahun 2022 akan menjadi salah satu yang paling inovatif.

 

 

Tren Digital Marketing 2022

 

Trend Digital Marketing 2022

 

 

Berikut rangkuman terkait tren digital marketing pada tahun 2022 yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

 

Digital Storytelling

 

Saat ini orang mulai bosan mendengar keunggulan produk atau layanan. Mereka cenderung menjauhi brand yang hanya melakukan promosi. Marketer harus mampu menunjukan brand melalui sebuah cerita dan testimoni dari pelanggan tentang bagaimana produk atau layanan dapat membantu masalah seseorang. Mungkin ini tidak akan membawa ke dalam penjualan langsung, tetapi akan sangat berdampak pada keputusan pembelian.

 

Fokus pada Audiens Anda

 

Lanskap digital terus berubah, konsumen menjadi lebih selektif terhadap media yang dipilih dan dalam mengkonsumsi sebuah produk atau jasa. Marketer sebaiknya memiliki fokus strategi yang dapat menghasilkan keterlibatan tinggi pada audiens. Seperti menemukan pesan dan ide marketing kreatif yang dapat menjangkau dan menarik target audiens.

 

Privasi, Transparansi, dan Kepercayaan

 

Sebuah penelitian menunjukan bahwa 73% orang memilih menggunakan layanan online dengan perlindungan data privasi yang tinggi. Mulailah berkomunikasi dengan pelanggan Anda tentang data apa yang dikumpulkan dan untuk alasan apa. Jika memungkinakan jangan kumpulkan data di luar yang Anda butuhkan. Hal itu akan menghasilkan hubungan baik dengan pelanggan Anda. Google mengumumkan bahwa akan ada pembatasan third-party cookies pada tahun 2023. Ini berarti banyak pemasar dan pengiklan perlu mengevaluasi kembali strategi mereka.

 

Personalisasi

 

Luangkan waktu untuk memahami platform yang digunakan audiens Anda dan bagaimana mereka menggunakannya. Sehingga Anda dapat membuat pesan yang dipersonalisasi berdasarkan demografi yang mungkin berbeda. Ini membuat pesan Anda dapat menjangkau target audiens dengan cara yang menarik dan membuat audiens Anda merasa dilihat dan dipahami. Hasilnya dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

 

AI (Artificial Intelligence) dalam Digital Marketing

 

AI memiliki kemampuan untuk menganalisis lebih banyak data dan lebih cepat, daripada yang kita lakukan sebagai manusia. Menggunakan AI akan membantu dalam memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan Anda. Tidak hanya akan mengubah masa depan digital marketing, tetapi juga membentuk budaya baru. Marketer pada tahun 2022, sebaiknya menggunakan AI karena dengan kemudahannya dapat melihat dan memprediksi tren, mendapatkan data penting untuk dianalisis.

 

Content Marketing yang Interaktif

 

Marketer di tahun 2022, perlu memiliki strategi dalam pembuatan konten dengan mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Caranya dengan merencanakan strategi yang dapat menghasilkan pemasaran kreatif dan menarik bagi audiens. Dengan mengembangkan media sosial, akan membantu menghubungkan Anda dengan audiens secara lebih mudah.

 

Kegiatan secara Hybrid

 

Awal ternyadinya pandemi Covid-19, semua kegiatan dilakukan melalui virtual. Di tahun 2022, kehidupan mulai mengalami new normal. Akibat dari perubahan menuju new normal, marketer harus lebih mengetahui audiens mereka. Dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan, apakah lebih baik dilakukan online atau secara langsung.

 

 

Mempersiapkan Tren Digital Marketing

 

 

Dengan memprediksi dan memahami sebuah tren, Anda akan lebih siap dalam menghadapi tantangan dan peluang kedepannya. 

 

Cara menjadi seorang digital marketer yang sukses, salah satunya yaitu mengetahui sebuah tren dan tahu cara memanfaatkannya bagi bisnis Anda.

 

Sebuah tren bisa datang dan pergi dengan mudah di dunia digital marketing. Dengan melakukan analisis tren di masa lalu dan mengamati perubahan yang sedang berlangsung, Anda bisa menemukan gambaran tren yang akan datang.

Qonita Imania Assilah About the author

As a graduate of Communication Science who is then continuing her master degree in Media and Communication study at Airlangga University, Qonita has gained interest in Public Relations, Journalism and Media Relations. As a result, her passion encourages her to become a writer.

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hi, Krona's Here!