5 Indikator Strategi Pemasaran Untuk Tingkatkan Brand Awareness
Pondasi branding yang efektif sangat membantu dalam menetapkan brand awareness yang mau dibangun. Anda merupakan usaha baru dan belum dikenal banyak orang, maka Anda membutuhkan upaya strategi pemasaran untuk tingkatkan brand awareness agar produk makin terkenal.
Kenapa perlu membangun brand awareness? Untuk mengetahui alasannya, Anda bisa membaca Pengertian Brand Awareness dan Manfaatnya Bagi Pemilik Usaha.
Setelah sudah tahu pengertian dan manfaatnya. So, mari kita mulai menerapkan beberapa tips yang memiliki peluang besar untuk membuat produk maupun jasa yang Anda tawarkan jadi makin dikenal banyak orang.
Dalam dunia bisnis, pengetahuan mengenai marketing adalah suatu hal yang krusial. Karena itu, untuk memahami marketing, ada konsep dasar dari digital agency yang harus diketahui oleh seorang pebisnis dan pemasar.
Konsep Dasar Seorang Pebisnis
Produksi (Production)
Perusahaan yang menganut konsep ini melakukan produksi dalam jumlah besar untuk mengurangi biaya produksi.
Dengan demikian, mereka bisa menekan modal dengan produksi massal. Konsep ini bisa sukses diterapkan apabila permintaan pasar lebih tinggi daripada produk yang ditawarkan.
Produk (Product)
Konsep produk dilandasi oleh asumsi bahwa konsumen lebih menyukai produk berkualitas. So, harga dan ketersediaan produk tidak terlalu berpengaruh pada keputusan pembelian.
Perusahaan yang menggunakan konsep manajemen pemasaran ini akan memproduksi barang dengan kualitas terbaik dan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.
Penjualan (Selling)
Konsep ini meyakini bahwa produk apapun, terlepas dari kualitas, harga, ataupun permintaan pasar bisa dipasarkan apabila perusahaan menjual secara agresif.
Jadi, konsep ini tidak mementingkan hubungan dengan konsumen dan cenderung hanya mengutamakan target penjualan dan keuntungan yang didapatkannya saja. Oleh karena itu, perusahaan cenderung mengabaikan kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen.
Pemasaran (Marketing)
Konsep manajemen pemasaran yang satu ini menjadikan konsumen sebagai pusat perhatian, dan perusahaan akan lebih fokus pada kebutuhan konsumen serta berusaha untuk memahami apa yang diinginkan pasar.
Tak jarang, perusahaan akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum mulai memproduksi dan memasarkan produk.
Perusahaan yang menggunakan konsep ini bisa memiliki nilai lebih dibandingkan kompetitornya dan membuat konsumen menjadi lebih loyal kepada satu brand.
Setelah menerapkan 4 konsep tersebut, ini dia indikator keberhasilan strategi marketing.
Dengan mengetahui indikator-indikator tersebut, kamu dapat menilai apakah strategi yang kamu terapkan sudah tepat atau belum.
Photo by Pixabay
Indikator Strategi Pemasaran
Evaluasi penjualan di berbagai platform
Yang pertama, Jika menggunakan berbagai platform untuk berjualan, maka salah satu cara mengukur keberhasilan strategi marketing adalah dengan melihat penjualan di platform-platform tersebut.
Apabila anda menggunakan e-commerce, maka bisa melihat dashboard yang sudah disediakan oleh pengembang e-commerce tersebut.
Melihat traffic
Untuk mengetahui apakah strategi yang kamu gunakan berhasil atau tidak, cobalah lihat apakah pengunjung toko offline dan online-mu. Jika pengunjung yang datang tidak meningkat atau bahkan turun, berarti strategi yang diterapkan tidak berhasil.
Sebaliknya, jika pengunjung yang datang semakin meningkat berarti strategi marketing sudah tepat dan layak dikembangkan. So, harus rutin melihat traffic, ya!
Perbandingan traffic sebelum dan sesudah menerapkan sebuah strategi
Poin ini hampir mirip dengan indikator sebelumnya. Traffic lama dapat menjadi patokan perkembangan atau penurunan efektivitas strategi.
As a result, jika pengunjung website atau sosial media bertambah, maka hal ini juga menunjukkan strategi tersebut berhasil menggaet konsumen baru.
Meningkatnya brand awareness
Dengan meningkatnya ketertarikan audiens dengan produk dapat membuktikan bahwa masyarakat menerima strategi pemasaran dengan baik. But, jika sebaliknya, maka sebaiknya anda harus memikirkan strategi marketing yang sesuai dengan target audiens. So, perhatikan trend pasar ya!
Kepuasan dan testimoni
Ini adalah indikator paling tepat untuk membuktikan kinerja strategi pemasaran. Jika konsumen merasa puas dan memberikan kesan positif, berarti apa yang anda lakukan sudah tepat dan dapat dilanjutkan. But, jika sebaliknya, sebaiknya anda harus memikirkan strategi marketing baru.
So, Itulah indikator kesuksesan strategi marketing yang bisa anda lakukan dengan mempertimbangkan waktu dan kondisi yang ada di sekitar. But, jangan khawatir, jika anda rutin melakukan analisis dan mencari tahu, maka anda akan mendapatkan strategi yang cocok untuk sebuah brand.
So, selalu perhatikan pasar ya!