Title Image

Pentingnya Brand Awareness: Kunci Sukses Bisnis Anda

Kadang, kita terlalu sibuk memikirkan cara mencapai target sales dan keuntungan sehingga melupakan pentingnya brand awareness.

 

Memang sebenarnya tujuan kita menjalankan bisnis mungkin tidak jauh-jauh dari mendapatkan keuntungan dan berkembang, bukan? Namun, untuk mencapai tahap itu sebenarnya ada beberapa langkah yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Salah satunya adalah mengoptimalkan brand awareness.

 

Sebelumnya Krona sudah pernah membahas tentang ciri-ciri bisnis yang harus mengoptimalkan brand awareness mereka berikut dengan rekomendasi strategi yang dapat dilakukan. Kali ini, kita akan mengupas alasan mengapa brand awareness merupakan kunci awal suksesnya bisnis Anda.

 

Yuk, Kenali Brand Awareness

 

Brand awareness adalah tingkat kemampuan target audiens anda untuk dapat mengenali brand atau bisnis Anda. Brand awareness biasanya dilihat sebagai tahap pertama dalam marketing funnel.

 

Tentunya calon konsumen baru bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan setelah mereka mengenali bisnis Anda. Anda sendiri juga mungkin akan enggan untuk menggunakan produk yang tidak Anda kenali sebelumnya.

 

Walaupun tidak harus seperti itu, banyak bisnis yang rela mengeluarkan budget yang besar untuk memperkuat brand awareness mereka. Hal ini karena brand awareness merupakan dasar dari segala langkah promosi yang akan diambil selanjutnya. Apabila sudah banyak orang yang setidaknya sudah pernah mendengar tentang bisnis Anda, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk melanjutkan consumer journey-nya

 

Sebelum kami fokus terhadap mengakuisisi klien dan klien potensial untuk mereka, kami membangun brand awareness dengan cara membuat konten yang dapat mengedukasi para merchants (yang merupakan target audiens Midtrans) tentang apa itu payment gateway sekaligus memperkenalkan Midtrans sebagai pemain baru pada industri tersebut.

 

 

Miskonsepsi Tentang Brand Awareness

 

Ketika melihat kata-kata “minuman bersoda” kira-kira merk apa saja yang akan muncul di otak Anda? Merek-merek yang Anda pikirkan dapat dikatakan telah mencapai tujuan brand awareness mereka.

 

Miskonsepsi yang sering terjadi adalah bahwa sebuah bisnis tidak memiliki kompetitor. Produk yang Anda jual tentunya memiliki perbedaan dengan produk serupa lainnya, namun itu bisa jadi adalah unique value propositionbukan hal yang membuat produk Anda tidak memiliki kompetitor.

 

Ibarat Sprite adalah minuman bersoda dengan rasa lemon sedangkan Fanta rasa strawberry, namun mereka berdua sama-sama minuman bersoda, bukan? Audiens juga cenderung mengenal kedua merek tersebut secara bersandingan.

 

Brand Awareness berbeda dengan menjadi top of mind. Audiens cukup mengenali bisnis Anda diantara bisnis-bisnis lainnya yang serupa.

 

 

Alasan Pentingnya Brand Awareness

Selain beberapa alasan yang diatas, mengoptimalkan brand awareness Anda juga dapat membawa banyak keuntungan lain yang dapat membantu Anda mencapai target bisnis Anda.

 

Brand Awareness adalah langkah awal agar Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan traffic situs anda, meningkatkan brand credibility hingga membantu anda mendapatkan leads atau calon konsumen.

 

Tidak heran lagi bukan, kenapa brand awareness dikatakan sebagai tahap pertama dalam sales funnel? Campaign brand awareness biasanya mampu menjangkau audiens yang sangat luas. Tujuan dari kampanye ini adalah membuat banyak orang mengenali apa yang Anda tawarkan, untuk kemudian diberikan perlakuan yang tepat agar dapat melanjutkan sales journey mereka.

 

Berikut sedikit dari banyak alasan lain yang menunjukkan pentingnya brand awareness:

 

 

Pondasi yang Kuat untuk Meningkatkan Keuntungan

 

Mau tidak mau, sebenarnya brand awareness adalah tahap pertama ketika Anda ingin mencapai target keuntungan Anda. Apabila Anda dapat menjangkau audiens yang luas relevan, kesempatan Anda untuk mendapatkan konversi dan mendominasi market pun akan meningkat.

 

Influencer marketing adalah salah satu strategi yang sering ditemui dalam rangka meningkatkan brand awareness. Contoh yang pernah kami alami adalah ketika kami bekerja sama dengan Cheil Jedang ketika mereka akan melakukan product launch untuk saus bertajuk Korasa.

 

Sebagai salah satu upaya meningkatkan brand awareness dan brand advocacy, kami mengajak food influencers dengan audiens luas untuk mempromosikan saus Korasa di akun sosial media mereka untuk menjangkau audiens yang mereka miliki.

 

Selain semakin banyak orang yang mengenali saus Korasa, mereka akan merasa bahwa saus tersebut memang pantas untuk mereka konsumsi karena direkomendasikan oleh food influencers. Alhasil, selama periode launching Korasa berhasil mendapatkan ribuan penjualan.

 

 

Mendapatkan Data Tentang Audiens Anda

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika Anda menjalankan campaign brand awareness, Anda akan menjangkau audiens yang luas. Dengan cara itu, tentunya Anda dapat dengan lebih mudah mempelajari target market Anda dan mendapatkan data yang valid langsung dari lapangan.

 

Dengan Informasi yang berharga ini Anda dapat mengembangkan segmentasi market Anda, Anda juga dapat membuat strategi dengan lebih optimal kedepannya sehingga keuntungan yang diperoleh akan lebih maksimal.

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.