
Value Proposition yang Baik: Cara Jitu Unggul di Antara Kompetitor
Value proposition yang baik adalah senjata rahasia dari banyak bisnis yang sukses. Terkadang banyak pemegang kepentingan yang terus menerus berusaha untuk mengembangkan produk mereka. Tentu saja tidak ada yang salah dengan ini, namun bukan hanya hal itu yang penting untuk dilakukan untuk kelangsungan sebuah bisnis.
Akhir-akhir ini kompetisi di dunia bisnis semakin sengit, dengan banyaknya bisnis di industri serupa yang kian bermunculan. Di sinilah value proposition yang baik akan membantu Anda untuk dapat memiliki hubungan yang spesial dengan audiens anda.
Pada artikel ini, kami akan membeberkan tentang kekuatan dari value proposition yang baik. Lengkap dengan pengertian, contoh, dan ciri-cirinya. Mari simak bersama
Apa itu Value Proposition?
Value proposition adalah sebuah pernyataan yang simpel namun dapat menyimpulkan mengapa bisnis Anda unggul dan sesuai dengan kebutuhan audiens Anda. Sebuah value proposition dapat mengkomunikasikan secara jelas keuntungan apa yang audiens Anda bisa dapatkan dari produk yang Anda tawarkan.
Sebuah value proposition yang baik dapat menjawab tantangan yang mungkin sering dihadapi oleh audiens Anda, sehingga bisnis anda tercermin sebagai solusi dari masalah yang mereka hadapi. Hal ini penting karena apabila Anda sudah menentukan value proposition yang akan Anda gunakan, umumnya brand strategy dan tagline bisnis anda akan berakar kepadanya.
Mungkin Anda masih ragu, apakah penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal ini? Value proposition memang tidak akan semudah itu dilihat dengan kasat mata dibandingkan dengan produk yang Anda tawarkan, namun ibarat sebuah gedung value proposition dapat dikatakan adalah fondasi dari bisnis Anda. Sulit untuk dilihat, namun kelangsungan dan keamanan dari bangunan tersebut berdasar dari sebuah fondasi yang baik.
Oh iya, Anda juga jangan sampai salah value proposition berbeda dengan tagline atau slogan. Salah satu contoh slogan terkenal adalah dari brand sepatu Nike,yaitu “Just Do It” atau dari brand kosmetik L’Oreal “because you’re worth it.” Lantas seperti apakah value proposition itu? Mari baca terus artikel ini.
Seperti Apakah Value Proposition yang Baik?
Hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah kejelasan dari value proposition Anda. Apabila value proposition yang bisnis Anda miliki malah membuat audiens Anda bingung, mungkin Anda harus memikirkan kembali cara untuk memperjelas pesan yang ingin Anda sampaikan.
Value proposition yang baik adalah yang dapat menjawab pertanyaan berikut. Apa produk yang Anda tawarkan? Untuk siapa? Bagaimana produk Anda dapat berguna untuk audiens? Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan ketika akan membuat value proposition
- Jelas dan mudah dimengerti
- Dapat mengkomunikasikan keuntungan apa yang akan didapatkan audiens dari produk Anda
- Menggambarkan perbedaan bisnis Anda dengan kompetitor
- Tidak ada kata-kata yang mengandung kesan over-promising seperti “terbaik” atau “ajaib”
- Dapat dibaca dan dimengerti dalam waktu kurang dari 10 detik
Contoh Value Proposition
Nah, setelah kita cukup membahas tentang value proposition saatnya mengulik beberapa contoh value proposition yang baik. Anda boleh menjadikan contoh-contoh berikut sebagai inspirasi untuk bisnis Anda.
Slack – Be More Productive at Work with Less Effort
Slack adalah platform manajemen projek yang seringkali digunakan oleh berbagai perusahaan untuk mengorganisir aktivitas sehari-hari mereka. Seperti yang kita ketahui, terutama sejak pandemi ini, banyak perusahaan yang menggunakan platform manajemen bisnis layaknya slack untuk mempermudah kegiatan work from home. Lantas, bagaimana cara Slack mengkomunikasikan bahwa mereka berbeda dengan platform serupa lainnya melalui value proposition nya?
- Value proposition dapat menjawab bahwa Slack adalah platform yang cocok digunakan oleh pekerja yang ingin menjadi lebih produktif tanpa terhalang oleh kesenjangan komunikasi
- Tidak mengandung kesan over-promising. Slack hanya akan membuat aktivitas sehari-hari dalam pekerjaan Anda lebih mudah dan produktif
- Jelas dan mudah dimengerti
Apple – The Experience IS The Product
Siapa yang tidak kenal dengan Apple? Walaupun sudah banyak berbagai merk smartphone berjamur di ranah elektronik, sulit untuk menemukan kompetisi yang bisa menandingi salah satu produk andalan Apple, yakni iPhone. Mari kita telaah bagaimana Apple dapat membangun value proposition untuk menggambarkan keunggulannya ini.
- Apple memahami bahwa smartphone lain cenderung untuk mempromosikan berbagai fitur yang unik di dalam smartphone tersebut, karenanya Apple menegaskan bahwa iPhone menawarkan experience yang lebih baik bukan dengan fitur yang beragam, namun dengan iOS dan prosesor yang baik
- Apple mengkomunikasikan bahwa iPhone akan sesuai untuk mereka yang memiliki gaya hidup tertentu dan menawarkan sebuah experience dan kemudahan yang tidak akan didapatkan customer melalui produk smartphone lain
Sekali lagi, tidak mengandung unsur over-promising dan mudah di mengerti