Mengapa Content Planning Penting dalam Bisnis?
Di balik bisnis yang sukses, pasti ada upaya pengembangan yang efektif untuk dilakukan. Jika Anda belum pernah berpikir untuk membuat content planning atau belum pernah mendengar tentang kalender konten sebagai upaya pemasaran, maka Anda perlu mempelajari strategi pemasaran ini.
Tidak masalah jika Anda memiliki bisnis kecil atau besar, dengan cara ini, Anda memiliki peluang keberhasilan yang lebih besar dan memperoleh banyak keuntungan.
Bayangkan jika Anda akan membuat sebuah rencana trip perjalanan, content planning pada bisnis juga melibatkan tahapan-tahapan seperti menentukan tujuan, menyiapkan itinerary, menentukan transportasi dan akomodasi, serta menyiapkan budget yang diperlukan.
Apa Itu Content Planning?
Content planning adalah proses menentukan apa yang akan ditulis atau dibuat sebagai konten pada suatu media, serta bagaimana konten tersebut akan disajikan dan dibagikan ke target audiens.
Ini biasanya dilakukan oleh tim marketing atau tim komunikasi bahkan tim digital agency, dan harus dilakukan secara teratur untuk memastikan bahwa konten yang dibuat sesuai dengan tujuan marketing perusahaan.
Jenis Content Planning dalam Bisnis
Blog Post Planning
Merancang postingan blog yang akan dipublikasikan secara teratur dengan topik yang sesuai dengan bisnis dan target audiens.
Landing Page
Merancang konten untuk halaman landing yang digunakan untuk menjaring pelanggan baru dengan menawarkan produk atau layanan bisnis.
Social Media
Content planning social media merancang konten yang akan diposting di media sosial seperti content planning Instagram, Facebook, dan Twitter untuk mempromosikan bisnis dan menjangkau audiens.
Ads
Berfokus mengatur semua jenis iklan yang akan Anda coba di masa depan, termasuk iklan yang belum berhasil di masa lalu, serta banyak lagi.
Email Marketing
Merancang konten email marketing yang akan dikirim ke pelanggan dan calon pelanggan untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Seperti kapan harus mengirimkan email newsletter, email promosi, email pemasaran, email survei, dan sebagainya.
Video Content
Merancang konten video yang akan diposting di platform seperti YouTube atau Vimeo untuk mempromosikan bisnis dan menjangkau audiens melalui media visual.
Event
Merancang konten untuk event spesial yang akan diadakan oleh bisnis, seperti webinar, workshop, atau seminar.
Baca juga: Cara Melakukan Content Marketing
Mengapa Content Planning Penting dalam Bisnis?
Ada berbagai manfaat penting yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah alasan populer mengapa strategi ini dapat meningkatkan kualitas bisnis Anda:
1. Mengatur Strategi Pemasaran
Content planning membantu bisnis menentukan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis, seperti meningkatkan brand awareness atau meningkatkan penjualan. Tak perlu khawatir! ada banyak tools penyedia content planning template yang dapat memudahkan sebuah tim merencanakan strategi marketing.
2. Menjangkau Target Audiens
Content planning membantu bisnis menentukan topik yang sesuai dengan target audiens dan menciptakan konten yang akan menarik minat audiens tersebut.
3. Menjaga Konsistensi
Dengan membuat content plan, bisnis dapat memastikan bahwa konten yang dipublikasikan teratur dan konsisten, sehingga audiens dapat terus terhubung dengan bisnis.
4. Publikasi Konten Teratur
Kalender konten atau anda bisa menggunakan content planning template berguna untuk mengatur dan melacak konten yang sudah direncanakan. Dengan begitu, setiap hari Anda berencana untuk menerbitkan konten, yang harus Anda lakukan hanyalah mentransfer postingan yang telah ditulis sebelumnya, dan Anda akan selesai dalam waktu singkat.
5. Identifikasi Kesenjangan Konten
Jika konten yang menjadi masalah dan Anda tidak yakin bagaimana menyelesaikan masalah tersebut, maka kalender pemasaran dapat membantu Anda mengidentifikasinya. Hasilnya, Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan.
Bagaimana Cara Membuat Content Planning yang Tepat?
Untuk membuat content planning pada bisnis, pertama Anda perlu menentukan tujuan dari konten yang akan anda buat. Apakah tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, menjual produk, atau membangun relasi dengan pelanggan?
Kemudian, tentukan target audiens dari content tersebut, seperti usia, jenis kelamin, minat, dan lokasi geografis. Setelah itu, buat konten yang sesuai dengan tujuan dan target audiens tersebut.
Elemen Penting yang Wajib Disertakan
Ada banyak elemen yang dapat Anda sertakan, namun berikut ini adalah yang paling penting:
1. Nama Project
Untuk membuat kalender pemasaran yang lengkap, diperlukan memberi nama proyek yang menarik. Anda bisa bekerjasama dengan tim untuk menentukan nama tersebut.
2. Waktu Penting
Setiap bisnis yang dikelola dengan baik perlu menyimpan tanggal-tanggal penting di kalender pemasaran mereka, karena ini adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak melewatkan acara apa pun.
3. Kampanye
Kampanye adalah alat pemasaran yang sangat besar, dan merencanakan kampanye yang akan datang serta melacaknya di content planning Anda adalah hal yang cerdas.
4. Status
Sangat penting untuk selalu mengetahui status rencana pemasaran Anda, jadi pastikan untuk mencantumkannya saat membuat rencana pemasaran.
Baca juga: 7 Ide Konten Untuk Mendukung Content Marketing Strategy Anda
Jadikan Content Planning Berfungsi untuk Anda
Memiliki kalender konten merupakan hal yang sangat bermanfaat. Selain membantu menjaga tim Anda terorganisir, kalender pemasaran juga memudahkan Anda untuk mengikuti acara penting yang akan datang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki kalender pemasaran.
Setelah Anda mempelajari semua yang perlu diketahui tentang pentingnya content planning, sekarang saatnya Anda untuk mulai dari sini!