Title Image

Cara Maksimalkan Efektivitas Email Marketing Tahun 2021

Era ini, dimana media sosial dan digital ads rasanya lebih modern dan banyak digunakan untuk kegiatan digital marketing, efektivitas email marketing kian dipertanyakan.

 

Marketers mungkin sudah tahu akan penting nya memasarkan bisnis pada ranah digital untuk memperoleh audiens yang lebih banyak. Email Marketing mungkin terdengar agak “retro” bagi Anda, namun tahukah Anda bahwa email marketing masih menduduki peringkat utama dari strategi digital marketing yang dapat memberikan ROI tertinggi?

 

 

Tentunya untuk dapat menjaga efektivitas email marketing, kita tidak bisa menggunakan strategi yang sama seperti beberapa tahun lalu. Berikut cara untuk mengoptimalkan usaha email marketing Anda!

 

 

1. Pastikan Pesan Dipersonalisasi

 

Mungkin dahulu, cukup untuk mengirimkan broadcast message yang isinya cukup umum saat melakukan email marketing. 

 

Dengan teknologi yang tersedia sekarang sangat memungkinkan untuk kita dapat mengirimkan email yang dipersonalisasi dan sesuai dengan preferensi penerima email.

 

Bukan hanya isi, Anda juga dapat mengubah judul atau subjek email sehingga terdapat nama penerima email di dalamnya, sehingga memberikan kesan bahwa email yang Anda kirim memang khusus untuk mereka.

 

Dengan cara ini, penerima akan lebih tertarik untuk membuka email Anda dan membaca konten yang ada dengan seksama. Mereka juga dapat merasa terhubung dengan Anda sehingga meningkatkan kesempatan untuk mengubah mereka menjadi kustomer Anda.

 

 

2. Pastikan Email Memiliki Versi Mobile

efektivitas email marketing

 

Sekarang lebih banyak orang yang membuka email melalui telepon genggam mereka dibandingkan melalui komputer. Mungkin Anda juga termasuk salah satu dari orang-orang tersebut, bukan?

 

Karenanya penting bagi Anda untuk memastikan bahwa email yang Anda kirimkan dapat diakses melalui telepon genggam pengguna dengan baik.

 

Apabila ketika orang membuka email dari bisnis Anda melalui telepon genggam mereka dan layout nya tidak sesuai, mereka dapat menjadi enggan untuk membaca konten yang Anda tawarkan.

 

 

3. Pastikan Email yang Anda Kirimkan Dapat Di-share dengan Mudah

Efektivitas Email Marketing

 

Apabila terdapat informasi yang menarik dalam email yang Anda kirimkan, kemungkinan penerima akan ingin membagikannya kepada orang-orang terdekat mereka.

 

Anda dapat menambahkan tombol dimana penerima dapat langsung membagikan email yang Anda kirimkan di media sosial pilihan mereka. Ini juga dapat meningkatkan brand awareness dan meningkatkan reach untuk bisnis Anda, lho!

 

Selain itu Anda juga dapat mempromosikan media sosial yang dimiliki oleh bisnis Anda, sehingga penerima email dapat mengikuti media sosial Anda.

 

 

4.Tambahkan Video dan Konten Animasi

 

Anda juga dapat menambahkan video dan konten animasi dalam email Anda agar dapat menarik perhatian audiens Anda sekaligus memberikan informasi yang lebih menarik.

 

Elemen dinamis seperti ini juga bisa mendorong penerima email untuk melakukan interaksi-interaksi tertentu dengan konten Anda sehingga dapat memperbaiki CTR atau click through rate Anda.

 

Bukan hanya menarik secara visual, elemen yang berbentuk grafis juga dapat meningkatkan user experience sehingga penerima semakin tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai informasi seputar bisnis Anda.

 

 

5. Buat Subject atau Judul Email yang Menarik

 

33% persen  dari penerima email memutuskan apakah mereka akan membaca sebuah pesan berdasarkan dari judulnya.

 

Jadi apabila Anda ingin lebih banyak orang tertarik untuk membuka dan membaca konten pada email Anda, penting untuk membuat judul atau subject email Anda menarik, sehingga membuat penerima secara otomatis ingin mengetahui informasi lebih lanjut.

 

Anda dapat menuliskan 10-20 judul menarik yang berbeda-beda untuk email yang inginanda kirimkan, kemudian pilih satu yang sekiranya paling sesuai dengan target audiens Anda.

 

Ingat bahwa judul email harus kreatif dan menarik, namun tetap kredibel dan menggambarkan konten dari email yang Anda kirimkan agar tidak terkesan seperti click-bait atau spam.

 

 

Tips Lain Efektivitas Email Marketing?

Apakah Anda memiliki tips lain untuk meningkatkan efektivitas email marketing di tahun 2021? Apakah Anda sudah pernah merasakan dampak yang positif dari melakukan strategi email marketing?

Mari diskusikan!

 

 

 

 

 

 

 

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hi, Krona's Here!