Title Image

5 Tips Menulis Konten SEO yang Efektif

Seringkali dalam menulis konten SEO, kita terlalu fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan keywords, judul halaman, skema, tautan internal, dan tag heading

 

Walaupun semua itu penting, tetapi yang lebih penting adalah strategi dalam membuat konten SEO yang berkualitas terbaik agar berhasil menarik audiens.

 

Faktanya, algoritma SEO selalu mengalami perubahan dan yang tidak akan berubah adalah kualitas dari konten itu sendiri.

 

Pentingnya Strategi Konten SEO

Konten SEO

 

SEO adalah bagian integral dari strategi digital marketing. Dan konten menjadi elemen inti dari kampanye SEO. Itulah mengapa marketer harus menganggap serius pemasaran konten dalam strategi SEO.

 

Dalam membuat strategi konten SEO agar berhasil, mulailah dengan memperhatikan teknik SEO untuk meningkatkan peringkat secara organik di hasil pencarian. 

 

Tetapi tidak hanya itu, pembuat konten juga perlu memperhatikan konten seperti apa yang dapat memberikan banyak wawasan, mendorong terjadinya keterlibatan audiens, dan dapat membedakan Anda dengan yang lain.

 

Serta, penulis juga dituntut untuk dapat membuat konten yang relevan, karena untuk mendorong audiens mau mengklik dan berlama-lama di dalam website.

 

Konten yang berkualitas mampu membuat audiens mau mengambil tindakan, seperti melakukan subscribe, converting, dan keterlibatan audiens lainnya. Dengan konten yang baik juga dapat mengarahkan audiens ke website Anda dan meningkatkan conversion.

 

5 Tips dalam Menulis Konten SEO yang Efektif

Konten SEO

Mempelajari cara menulis konten SEO yang efektif, dimulai dari berfokus pada pembuatan isi konten yang tepat dan sesuai dengan target audiens. Itu tentang memberikan informasi atau wawasan yang berharga bagi audiens dan konsumen yang membutuhkannya.  Lalu, memikirkan hal teknik mengenai SEO seperti keywords, judul halaman, dan sebagainya.

 

Bagian yang paling menantang dari menulis sebuah konten yaitu merubah audiens yang membaca konten Anda menjadi tertarik. Berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan saat Anda memutuskan akan membuat konten yang berkualitas dan melakukan praktik SEO terbaik bagi website untuk kepentingan pemasaran.

 

Posisikan diri Anda dalam sebagai pelanggan

 

Kehadiran sebuah produk dan layanan bertujuan untuk memberikan solusi dari masalah yang ada pada konsumen. Cobalah memposisikan diri sebagai pelanggan untuk mengetahui permasalahan mereka, apa yang dirasakan, dan keinginan mereka.

 

Jadi sebagai pembuat konten, Anda bisa membicarakan dan membahasnya sambil memberikan solusi dari penawaran Anda melalui konten.

 

Mencaritahu konten kompetitor

 

Terkadang kita perlu mencaritahu konten yang dibuat oleh kompetitor, bukan untuk ditiru, tetapi untuk mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan. Untuk selanjutnya menjadi acuan dalam membuat strategi konten yang lebih baik.

 

Pikirkan tentang apa yang bisa Anda berikan kepada audiens yang tidak bisa dilakukan oleh pembuat konten lainnya.

 

Melakukan riset topik secara lengkap

 

Anda perlu melakukan riset secara lengkap atau paling tidak cukup memadai terkait topik yang akan Anda tulis di dalam konten. Lalu kembangkan ide Anda dari hasil riset yang didapat. Usahakan untuk membuat konten Anda menjadi unik, berbeda, orisinil, dan juga relevan.

 

Buatlah konten secara teratur

 

Kunci dari menulis konten SEO yang efektif berada pada pembuat konten itu sendiri. Dalam membuat konten SEO, sebaiknya Anda membuat konten secara teratur, itu bisa berupa content calendar dan content planning

 

Tujuannya agar bisnis Anda tetap terlihat dan aktif di hasil pencarian. Tetapi juga jangan memaksa dalam membuat konten karena ditakutkan hasilnya tidak maksimal.

 

Identifikasi target audiens Anda

 

Ketika Anda mulai menjajaki dunia SEO, Anda tahu bahwa penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang positif dengan memberikan informasi yang paling relevan. Jadi Anda harus tahu siapa audiens Anda dan mengetahui apa yang mereka suka dan tidak suka. Setelah itu Anda harus menemukan jenis informasi apa yang mereka inginkan dari Anda.

 

Selain itu, cari tahu data kuantitatif dan kualitatif seperti usia, jenis kelamin, perilaku pembelian, dan keterlibatan audiens. Karena itu dapat membantu mengembangkan gagasan tentang target audiens dan calon konsumen Anda.

 

Kesimpulan

Konten SEO

 

Jadi, sekarang Anda telah mengetahui cara efektif dalam membuat konten yang tepat dan mengapa itu penting bagi keberhasilan strategi SEO.

 

Pastikan untuk memilih dan mengembangkan strategi konten SEO yang sesuai dengan bisnis Anda. Mulailah menjalankan strategi konten yang telah dibuat secara perlahan lalu kembangkan menjadi lebih baik.

Melakukan marketing dengan mengutamakan konten dapat meningkatkan peringkat SEO dan meningkatkan kunjungan ke website, yang pada akhirnya dapat mendorong conversions, leads (calon klien), dan penjualan.

Qonita Imania Assilah About the author

As a graduate of Communication Science who is then continuing her master degree in Media and Communication study at Airlangga University, Qonita has gained interest in Public Relations, Journalism and Media Relations. As a result, her passion encourages her to become a writer.