Title Image

Cara Riset Keyword untuk Memaksimalkan SEO

Cara Keyword Research mungkin menjadi salah satu hal yang menghiasi pikiran Anda apabila Anda adalah seorang pemula dalam melakukan SEO.

 

Marketers tentunya sudah sering mendengar bahwa melakukan keyword research atau riset keyword adalah salah satu hal yang paling penting untuk melakukan inbound marketing dalam bentuk search engine optimization. 

 

Walaupun algoritma Google yang kian berubah-ubah, keyword research adalah salah satu cara yang konsisten untuk Anda dapat secara efektif mengoptimasi situs web Anda.

 

Pada Artikel ini, Tim Krona akan membahas strategi dan cara keyword research yang paling efektif untuk dilakukan sekaran. Baca, ikuti, dan rasakan manfaatnya untuk situs web Anda!

 

 

Apa Itu Keyword Research?

cara keyword research

 

Keyword research adalah proses untuk menemukan dan menganalisis kata-kata yang sering digunakan audiens untuk mencari suatu hal dengan tujuan tertentu. Tujuan tersebut biasanya adalah search engine optimization atau SEO, namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan keyword research dengan tujuan lain, contohnya search engine marketing.

 

Kata kunci atau keyword biasanya dapat juga disebut dengan query. Dengan melakukan keyword research kita dapat mengetahui query apa yang ingin kita targetkan, baik berdasarkan popularitas, ranking, maupun tingkat kesulitannya.

 

 

Cara Keyword Research untuk Memaksimalkan SEO

 

Nah, sekarang Anda sudah semakin paham bukan tentang keyword research? Selanjutnya, kami akan menjabarkan proses untuk melakukan riset keyword yang dapat Anda ikuti.

 

Dengan cara ini Anda dapat lebih mudah menargetkan query sesuai untuk Anda, sehingga situs web Anda dapat ditemukan oleh target audiens yang tepat untuk usaha Anda.

 

 

Tahap 1: Tulis daftar topik-topik yang penting dan relevan dengan bisnis Anda

 

 

Pertama coba Anda pikirkan topik apa saja yang cocok dengan bisnis Anda secara umum. Misalnya bisnis Anda adalah sebuah kedai  es krim di kota Jakarta,  maka topik yang sesuai untuk bisnis Anda adalah es krimdessert” atau “Kedai Es Krim di Jakarta.” Pikirkan dulu 3-10 topik yang sesuai, kemudian Anda akan lebih mudah untuk menentukan query yang spesifik kedepannya. 

 

Bayangkan Anda adalah salah satu calon konsumen Anda. Kira-kira topik apa yang akan mereka cari? Query seperti apa yang akan membuat bisnis Anda mudah ditemukan oleh target audiens.

 

Misalnya, untuk Digital Marketing Agency seperti Krona yang menawarkan berbagai servis digital marketing, Maka topik yang dapat ditulis adalah:

  • Digital Marketing Agency
  • Social Media Agency
  • Web Developer
  • Digital Ads Vendor
  • SEO Agency
  • Email Marketing 

 

Ketika Anda coba mencari keyword diatas pada keyword research tool seperti Google Keyword Planner atau WordStream.

 

Biasanya akan muncul angka yang menunjukkan monthly search volume atau volume pencarian perbulan. Dengan data ini Anda dapat mendapatkan gambaran tentang seberapa pentingnya topik tersebut bagi audiens Anda.

 

topik yang memiliki volume pencarian perbulan terbanyak kemudian dapat Anda berikan perhatian yang lebih khusus. Misalnya, Anda dapat menurunkan subtopik yang lebih banyak pada topik tersebut, atau membuat artikel dan konten yang lebih sering tentang topik tersebut.

 

Tahap 2: Buat keyword berdasarkan topik yang sudah ditentukan

 

 

Nah, setelah Anda memiliki topik-topik yang sesuai dengan bisnis Anda, sekarang saatnya untuk membuat keyword yang sesuai dengan topik tersebut.

 

Pastikan juga keyword yang Anda pilih nantinya dapat muncul di SERP (search engine results pages) atau halaman pertama mesin pencari, mengingat target audiens Anda kemungkinan besar akan menggunakan keyword tersebut untuk mencari hal yang ia butuhkan.

 

Mari berkaca pada daftar topik pada “Tahap 1” di atas. Misalkan, topik yang ingin Anda fokuskan adalah “Digital Marketing Agency,” maka tulislah keyword yang menurut Anda akan diketik oleh orang yang mencarinya pada mesin pencari mereka. Berikut contohnya:

  • Digital marketing agency terbaik
  • Apa itu digital marketing agency
  • Apakah perlu menggunakan digital marketing agency
  • Top digital marketing agency Jakarta
  • Digital marketing agency untuk SEO

Tulislah sebanyak-banyaknya terlebih dahulu, kemudian Anda dapat mengeliminasi keyword yang kurang sesuai. Cobalah ikuti tahap-tahap diatas!

 

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk menentukan topik apa kira-kira yang akan dicari oleh calon konsumen Anda, Anda dapat bertanya pada SEO agency seperti Krona sehingga Anda dapat memiliki gambaran yang lebih luas tentang apa yang target audiens Anda cari.

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hi, Krona's Here!