Title Image

3 Langkah Membangun Brand Persona

Brand persona bertujuan untuk dapat mempresentasi brand Anda secara lebih jelas dan realistis.

 

Terkadang manusia lupa bahwa sebuah brand hanya ada dalam pikiran, tidak seperti produk, bisnis dan karyawan yang wujudnya nyata. Tetapi brand bisa hidup dan berkembang dalam pikiran manusia.

 

Perusahaan merasa penting untuk memikirkan brand values, sampai akhirnya ditemukannya brand persona untuk membuatnya semakin nyata.

 

Memahami Brand Persona

Brand Persona

 

Brand persona merupakan karakteristik dari sebuah brand yang dipersonifikasikan. Brand persona yang baik itu digambarkan seperti seseorang (dalam hal ini perusahaan) yang ingin berinteraksi dengan konsumen secara nyata. Sebuah brand harus dibuat berdasarkan aspek tertentu yang sesuai dengan audiens Anda.

 

Semua brand ingin terhubung dengan konsumen mereka karena jika berhasil akan sangat menguntungkan. Tetapi sering kali upaya mereka dianggap berlebihan dan tidak autentik.

 

Memiliki persona yang autentik itu sangat penting untuk brand Anda, karena dapat membantu membangun kepercayaan dan memelihara hubungan baik dengan konsumen.

 

3 Langkah Membangun Persona Anda

Memahami brand Anda

Mulailah dengan memahami brand Anda, dengan melihat perbedaan brand Anda dengan kompetitor. Sehingga Anda dapat lebih mudah menonjolkan brand persona yang berbeda. 

 

Terdapat banyak kesamaan antara membangun brand persona dengan membangun sebuah brand itu sendiri, seperti tentang misi, janji, esensi, dan pilar perusahaan.

 

Perhatikan konsumen Anda

 

Dalam melakukan personifikasi brand, Anda harus dapat berinteraksi dengan konsumen secara mudah. Agar hal itu dapat terjadi, Anda bisa membuat brand persona yang relevan dengan konsumen Anda. 

 

Mulailah memahami target audiens Anda seperti umur, gender, kebiasaan, dan kebutuhan mereka untuk dapat menentukan seperti apa persona yang cocok untuk brand Anda.

 

Cari tahu brand persona Anda

 

Persona tidak harus tentang menjadi seseorang. Persona bisa berupa objek, gambar, binatang, dan kartun khusus perusahaan Anda. Secara konseptual, persona Anda bisa berupa apa saja.

 

Setelah semua itu, tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana pandangan orang lain terkait brand persona Anda. Maka, ujilah pada rekan kerja dan sampel konsumen dengan menggunakan survei untuk mendapatkan respon dan feedback dari mereka. 

 

Dimensi dan Peran

Brand Persona

 

Berikut 5 dimensi brand personal menurut Jennifer Aaker, diantaranya yaitu:

 

Sincerity

Brand personaliti yang sederhana dan bersahaja. Sering kali menekankan terkait usaha hand-made dan usaha milik keluarga.

 

Excitement

Brand personaliti yang suka kehebohan dan suatu yang keren. Brand yang menggunakan ini sering kali memainkan kebaruan dan imajinasi.

 

Competence

Brand personaliti yang menekankan kepercayaan dan kemampuannya. Brand yang ingin menonjolkan keahlian yang mereka lakukan.

 

Sophistication

Brand personaliti yang menunjukan kemewahan dan berkelas. Ini tidak selalu tentang harga tetapi bisa juga menggambarkan selera yang tinggi.

 

Ruggedness

Brand personaliti yang menekankan kekuatan dan kebebasan.

 

Selain itu, terdapat beberapa contoh peran yang bisa digunakan dalam membangun brand persona Anda terhadap konsumen:

 

Nurturer

Brand yang memiliki peran seperti teman yang bisa memberi Anda nasihat, tahu caranya berempati, menjadi pendengar yang baik, dan bisa sangat memahami Anda.

 

Leader

Seperti teman yang bisa dijadikan panutan, memiliki pendapat yang bisa begitu dihargai, dan bisa mempengaruhi Anda dalam mengambil sebuah keputusan.

 

Adventurous

Seperti teman yang berjiwa bebas dan suka tantangan, sehingga dapat membuat Anda mau mencoba hal baru.

 

Curator

Seperti teman yang keliatannya tidak peduli, tetapi selalu tahu tempat keren yang harus dikunjungi.

 

Manfaat Brand Persona

Brand Persona

 

Manfaat brand persona salah satunya yaitu dapat membantu membuat lebih banyak KPI (Key Performance Indicator) di dalam digital marketing Anda. 

 

Selain itu, brand persona dapat membantu perusahaan Anda dalam membangun hubungan baik dengan konsumen secara lebih cepat. Sehingga brand Anda dapat menjadi yang terpilih dalam lingkungan yang kompetitif. 

 

Faktanya ketika ada dua pilihan brand dengan kualitas dan manfaat yang sama, konsumen akan memilih salah satu yang paling mereka kenali.

Qonita Imania Assilah About the author

As a graduate of Communication Science who is then continuing her master degree in Media and Communication study at Airlangga University, Qonita has gained interest in Public Relations, Journalism and Media Relations. As a result, her passion encourages her to become a writer.