Title Image

Pentingnya UI/UX Untuk Bisnis Anda

Apa sih pentingnya UI/UX untuk bisnis saya?

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang mempertanyakan hal tersebut. Bisa jadi juga Anda adalah orang yang belum begitu memahami apakah itu UI/UX sebenarnya? Jangan khawatir pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu UI/UX dan pentingnya UI/UX untuk bisnis Anda

 

 

Apakah UI Design itu?

pentingnya UI/UX

 

UI adalah singkatan dari User Interface. Arti  dari user interface adalah adalah tampilan visual yang dilihat oleh  pengguna (user) pada asset digital Anda yang dapat berupa blog, website, atau aplikasi. Tampilan UI dapat berupa bentuk, warna, layout dan tulisan yang dapat anda buat semenarik mungkin.

 

Namun, bukan hanya itu, UI Design yang baik adalah yang fokus terhadap faktor lain selain estetika. Contohnya adalah, tingkat responsivitas, efisiensi, dan kemudahan aksesibilitas. Keunggulan lain dari UI yang baik adalah grafis yang baik, tata letak yang konsisten, dan kemudahan penggunaan.

 

Apakah UX Design itu?

Apa itu UI/UX

 

UX atau User Experience adalah bagaimana adalah bagaimana seorang user berinteraksi dengan sebuah sistem, service, atau produk dalam ranah digital.

 

UX design dilakukan untuk memastikan bahwa cara Anda menampilkan dan mengkomunikasikan produk Anda sudah disesuaikan dengan target pasar Anda. Jika suatu produk tidak menarik bagi target audiens Anda, maka kemungkinan besar produk tersebut tidak akan diperhatikan. UX yang bagus harus mudah digunakan, bersifat intuitif, dan mengundang.

 

Apabila user memiliki pengalaman yang baik ketika berinteraksi dengan web atau aplikasi Anda, maka akan lebih besar kemungkinan mereka akan kembali.

 

Apa Pentingnya UI/UX Design?

pentingnya UI/UX

1. Menarik Pengguna

 

Dengan melakukan UI/UX secara baik dan komprehensif, Anda akan dapat memahami apa yang cocok untuk pengguna dan target audiens Anda. Bayangkan, saat seorang pengguna mengunjungi sebuah aplikasi, tahap awal yang mereka lakukan sangat penting bagi kelanjutan mereka untuk bertahan dalam aplikasi tersebut.

 

Cukup dengan kesan pertama mereka ketika membuka suatu aplikasi, mereka dapat memutuskan apakah mereka akan tetap mengakses aplikasi tersebut atau tidak. Disini UI/UX berperan penting untuk memastikan para pengguna tetap tertarik untuk menjelajahi aplikasi atau situs web Anda, dan tidak mengalami kesulitan untuk mencari apa yang ia butuhkan.

 

2. User Retention atau Retensi Pengguna

 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketika aplikasi Anda enak dilihat dan mudah untuk dinavigasi, maka kemungkinan seorang pengguna untuk kembali mengakses aset digital Anda akan semakin tinggi.

 

Sekedar tips untuk Anda, mungkin Anda menyadari bahwa media sosial ternama seperti Facebook, Twitter, dan Instagram kerap mengganti UI/UX design mereka. Penting pagi kita untuk selalu mendengarkan masukan dari pengguna dan melakukan perubahan terhadap UI/UX anda untuk meningkatkan retensi.

 

Dengan melakukan metode ini, Facebook berhasil meningkatkan daily active users mereka hingga sebanyak 9% setiap tahunnya, lho!

 

 

3. Pertumbuhan Bisnis

 

UI/UX adalah sebuah praktek yang sangat fokus terhadap pengguna. Kepuasan dan kemudahan pengguna adalah tujuan utama dari mengoptimalkan UI/UX. Karenanya, melakukan strategi ini dengan baik akan sangat membantu bisnis anda untuk dapat terus bertumbuh.

 

Dunia IT adalah industri yang terus berkembang dan sangat inovatif. Dengan menjamurnya praktek teknologi akhir-akhir ini, kebutuhan akan desain UI/UX menjadi sangat penting untuk membangun brand value  dan menarik perhatian pengguna, yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat konversi,  pendapatan dan juga reputasi bisnis Anda.

 

 

Kesimpulan

pentingnya UI/UX

 

tujuan dari kebanyakan bisnis adalah untuk membantu kehidupan konsumennya menjadi lebih mudah, dan menawarkan solusi untuk dapat menyelesaikan sesuatu yang kompleks menjadi lebih simpel. UI/UX sebenarnya memiliki konsep yang sama, dan karena hal tersebut UI/UX memegang andil penting dalam perkembangan bisnis Anda.

 

Apabila sebuah bisnis memperhatikan konsumen mereka, maka dalam ranah digital sebuah bisnis harus memperhatikan UI/UX mereka untuk memberikan pengguna pengalaman semudah dan sebaik mungkin. Dengan cara tersebut tentunya kepuasan konsumen akan lebih terjamin dan kemungkinan mereka menggunakan produk Anda akan semakin tinggi.

 

Nah, setelah penjelasan apakah Anda memiliki pengalaman yang membuat Anda menyadari pentingnya UI/UX? Mari diskusikan!

 

Annisa Shafira About the author

Annisa is a Public Relations graduate from Universitas Padjadjaran and a self-proclaimed avid diarist. Her interest in writing sparked when she was a Journalist Intern in DetikCom, since then she has been passionately pouring her thoughts into writings.

No Comments

Post a Comment