5 Cara Unik untuk Mempromosikan Bisnis Anda Melalui Live Streaming
Mungkin Marketers menyadari bahwa akhir-akhir ini makin banyak bisnis yang melakukan promosi melalui live streaming.
Sekarang live streaming bukan hanya ada di platform khusus seperti Periscope atau Twitch, sekarang rata-rata media sosial seperti Instagram, Youtube, TikTok dan Facebook juga menyediakan fitur ini. Tak jarang pula Ecommerce mengadakan promosi melalui live streaming langsung melalui aplikasi mereka!
Memang sering dikatakan bahwa konten video adalah cara paling cepat menggaet perhatian konsumen tahun ini, namun Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan promosi melalui live streaming.
Area marketing ini dinilai belum terlalu ramai sekarang, sehingga banyak kesempatan bagi Anda untuk mencuri start. Live streaming juga berkembang dengan cepat dan diprediksi dapat memiliki nilai sebesar USD 183 Miliar pada tahun 2027 mendatang.
Untuk dapat melakukan kegiatan promosi yang efektif, tentunya kita tidak boleh lengah berinovasi. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi unik untuk anda melakukan promosi dengan live streaming, beserta manfaatnya untuk bisnis Anda. Yuk, simak bersama!
1. Live Q&A
Anda bisa mengadakan event kecil-kecilan dimana CEO atau pemilik bisnis Anda melakukan livestream yang interaktif dengan audiens Anda di media sosial atau platform streaming yang paling cocok dengan target audiens Anda, dimana audiens dapat bertanya langsung kepada Anda.
Anda bisa menggunakan pembawa acara atau MC, namun apabila ingin sesi terasa lebih akrab, Anda dapat berbicara langsung kepada audiens tanpa perantara siapapun.
Guna Promosi Melalui Live Streaming dengan Live Q&A
- Menarik leads atau pembeli potensial
- Meningkatkan tingkat engagement
- Mendekatkan diri dengan audiens
- Menunjukan keahlian Anda terhadap produk yang Anda tawarkan
- Menjual, mengedukasi, dan menghibur dalam sekali jalan
2. Live Product Showcase
Dengan membuat siaran live seputar produk anda atau mungkin live demo produk, Anda telah menghemat banyak biaya untuk meningkatkan penjualan. Tentunya Anda familiar dengan acara di televisi dimana seorang host menjual produk sambil mendemonstrasikan cara penggunaannya bukan?
Konsep dari Live Product Showcase ini bisa dibilang hampir sama, bedanya Anda tidak perlu menggunakan jasa stasiun televisi.
Guna Promosi Melalui Live Streaming dengan Live Product Showcase:
- Mudah dieksekusi dan hemat biaya, dengan melakukan strategi ini hanya perlu dilakukan shooting sebanyak sekali
- Meningkatkan konversi , karena takut ketinggalan atau kehabisan waktu, biasanya tingkat pembelian akan menjadi lebih tinggi
- Dapat dilakukan sambil melakukan strategi lain seperti trial produk, giveway, atau membuat pengumuman lain terkait dengan bisnis Anda
3. Live Behind the Scenes
Video Behind the Scenes atau dibelakang layar dikatakan dapat menggaet audiens lebih luas dibanding konten lainnya yang menyangkut brand. Konten ini akan meningkatkan traffic anda, sekaligus menghasilkan engagement yang lebih tinggi dengan menampilkan wajah-wajah yang bekerja dibalik sebuah brand
Guna Promosi Melalui Live Streaming dengan Live Behind the Scenes:
- Meningkatkan jumlah audiens
- Dapat memperkuat komunitas pada brand terkait, karena sifatnya yang interaktif
- Kesempatan untuk memperlihatkan tim yang bekerja dibelakang layar
- Memberikan “wajah” baru terhadap brand yang dipromosikan
4. Kompetisi Live
Kompetisi dikatakan dapat menarik audiens yang luas karena ketika sudah ada pemenang, banyak orang yang ingin menjadi seperti pemenang tersebut. Sehingga, apabila akan diadakan kompetisi lagi, jumlah partisipan akan meningkat dan begitu juga dengan orang yang menjadi aware terhadap produk yang Anda tawarkan.
Dengan menyiarkan lompetisi secara langsing, bukan hanya Anda akan mendapatkan traffic yang tinggi, namun Anda juga dapat masih hangat dibicarakan di antara audiens Anda.
Guna Promosi Melalui Live Streaming dengan Kompetisi Live:
- Meningkatkan brand awareness
- Memperbesar tingkat penonton
- Menambah konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada
- Cara yang unik untuk mempromosikan produk yang Anda tawarkan
5. Influencer takeover
Influencer Marketing adalah strategi yang sudah terbukti efektivitasnya. Dengan mengkombinasikan influencer dengan live streaming Anda dapat memperluas audiens Anda sekaligus membangun advokasi untuk brand Anda.
Guna Promosi Melalui Live Streaming dengan Influencer Takeover:
- Audiens dapat langsung berinteraksi dengan orang yang mereka sukai dan percaya
- Meningkatnya jumlah audiens dengan “mengambil” pengikut influencer terkait
Anda cukup memberikan brief kepada influencer tanpa melibatkan banyak tenaga internal