Title Image

8 Strategi Digital Marketing Terbaik bagi Startup

Digital Marketing bagi startup, dirasa telah menjadi strategi pemasaran yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Karena biaya yang lebih murah dan cara yang lebih mudah,  jika dibandingkan dengan traditional marketing.

 

Sejak terjadinya pandemi Covid-19, banyak bisnis yang terhenti atau bahkan tutup. Tetapi, dengan adanya digitalisasi dan digital marketing, mampu membantu perusahaan untuk bertahan dan bangkit.

 

Strategi digital marketing adalah kerangka kerja berbasis data yang menunjukan tujuan pemasaran yang ingin dicapai secara spesifik, saluran online yang digunakan dalam melakukan kampanye digital marketing.

 

Pentingnya strategi digital marketing, karena dapat mengarahkan pada tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga, seseorang dapat fokus pada tugasnya dan memungkinkan untuk bekerja lebih efisien serta produktif.

 

 

Digital Marketing bagi Startup

 

Digital Marketing bagi Stratup

 

Bagi usaha startup, penting kiranya untuk meningkatkan skill dalam digital marketing. Karena perpaduan dari berbagai kegiatan digital marketing, dapat membentuk strategi yang efektif untuk startup.

 

Ada banyak digital marketing channel yang dapat digunakan untuk startup Anda. Terdapat beberapa strategi digital marketing yang berhasil di usaha Anda tapi tidak usaha lain. Untuk itu, dalam memilih strategi digital marketing harus tepat dan sesuai dengan startup Anda, agar mendapat hasil yang maksimal.

 

Sebuah perusahaan akan terus bersaing dengan kompetitornya. Bagi startup, harapan untuk bisa sukses yaitu melakukan pemasaran yang lebih baik dan efisien. Strategi apa yang sesuai dengan startup Anda, bergantung pada niche, target audiens, dan faktor lain. Untuk itu, perlu dilakukan sebuah research.

 

 

8 Strategi Digital Marketing Terbaik bagi Startup

 

Digital Marketing bagi Startup

 

 

1. Digital Marketing bagi Startup dengan Search Engine Optimization (SEO)

 

Proses dalam mengoptimalkan website dengan konten informatif, page speed & security, keyword research, dan sebagainya untuk memungkinkan website mendapat peringkat lebih tinggi di dalam search results pages (SERP).

 

Dalam mengoptimalkan website, agar mendapat peringkat yang lebih tinggi dalam mesin pencarian, bisa dilakukan  dengan kerja keras dan terus melakukan research.

 

2. Social Media Marketing

 

Proses memanfaatkan platform media sosial dalam membangun hubungan dengan audiens dan mengembangkan usaha Anda. Salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan eksposur dan konsumen untuk startup Anda, dengan biaya yang tidak terlalu banyak.

 

Social media dianggap menjadi salah satu strategi digital marketing yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Kegiatan marketing ini, bisa sangat menguntungkan bagi startup Anda, jika dilakukan dengan tepat.

 

3. Content Marketing

 

Metode pemasaran dalam membuat konten yang bernilai, informatif, dan konsisten untuk menarik perhatian target audiens dan bisa menghasilkan keuntungan. Strategi ini cukup efektif untuk mengembangkan startup Anda.

 

Strategi ini dinilai lebih murah dan efektif dibanding strategi lain. Content marketing memberikan hasil yang luar biasa tetapi memerlukan waktu untuk mengetahuinya.

 

4. Email Marketing

 

Strategi pemasaran dengan cara memberi tahu konsumen yang ada di daftar email  tentang produk dan layanan. Email dianggap sebagai cara terbaik untuk berinteraksi dengan konsumen, karena pesan yang bisa disesuaikan dan dipersonalisasi.

 

Salah satu strategi paling penting dan hemat biaya dalam mengembangkan startup Anda. Email marketing merupakan teknik marketing yang biasa dilakukan dalam launching produk.

 

5. Search Engine Marketing (SEM)

 

Strategi ini untuk meningkatkan pencarian di Google melalui iklan berbayar. Salah satu strategi digital marketing terbaik untuk mendapatkan hasil instan bagi startup Anda. Dengan beriklan di mesin pencarian, startup Anda bisa mendapatkan lebih banyak eksposur dan penjualan.

 

Banyaknya website yang bersaing dalam mesin pencarian di google saat ini, membuat strategi ini menjadi penting. Tidak sedikit pebisnis yang yang menghabiskan banyak uang sampai merugi, karena tidak melakukan research sebelum memasang iklan.

 

6. Video Marketing

 

Penggunaan konten video yang menarik sebagai strategi digital marketing untuk menimbulkan awareness dan mendapatkan keuntungan. Audiens seringkali menonton video yang informatif tetapi juga unik dan bagus, lalu membagikannya.

 

Sebagian besar orang saat ini merasa lebih tertarik secara visual untuk menonton video daripada membaca konten. Dan sebagian besar memilih untuk menonton video yang informatik dengan visual yang tinggi.

 

7. Influencer Marketing

 

Seseorang yang engage dengan followers mereka di platform media sosial dan dapat mempengaruhinya tentang berbagai hal. Salah satu teknik marketing paling trendi saat ini dan efektif untuk mengembangkan startup Anda.

 

Influencer merupakan sebuah tren pasar terbaru. Audiens menyukai dan mempercayai influencer favorit mereka. Sebaiknya dalam mengenalkan startup Anda, itu melalui seseorang yang  dikenal dan dipercaya oleh audiens.

 

8. Referral Marketing

 

Upaya dari a word-of-mouth yang dibuat perusahaan untuk memberi insentif kepada konsumen yang telah menyarankan produk kepada keluarga, teman, dan koneksi mereka untuk menjadi konsumen baru. Singkatnya, strategi ini membuat perusahaan membayar seseorang yang menjadi referral.

 

Strategi ini belum lama ini dikenal dan telah digunakan oleh sejumlah startup. Hal ini menguntungkan tidak hanya perusahaan, tetapi juga seseorang yang menjadi referral karena menerima persentase keuntungan.

 

 

Kenapa Digital Marketing Penting untuk Startup?

 

 

Customer Research yang tidak mahal

Melalui teknologi, Anda dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan dalam bisnis Anda. Startup dapat dengan mudah mengetahui informasi dari target audience, demografi dan apa yang disukai.

 

Engage Klien

Melalui digital marketing, konsumen merasa seperti memiliki hubungan pribadi dengan startup Anda. Setelah hubungan ini berkembang, dibutuhkan sedikit usaha untuk mempertahankan klien tersebut.

 

Penggunaan Metrics untuk Mendorong Kesuksesan

Saat ini, banyak orang menggunakan smartphone untuk mencari tahu tentang produk. Dengan metrics, Anda dapat mengetahui tentang perilaku pembelian konsumen dan mengidentifikasi sebuah peluang baru.

 

Digital Marketing bagi Startup dengan Strategi yang Tepat

Digital marketing memungkinkan semua aspek marketing untuk diintegrasikan. Startup dapat menggunakan integrated marketing, seperti membuat website, video marketing; media social marketing, dan email marketing secara bersamaan.

 

Konten disetiap Strategi Digital Marketing

Gambar dan video dapat menjadi bagian dari strategi konten bagi startup. Sebuah konten yang baik bisa mendapatkan feedback seperti like dan share. Setiap share di media sosial memberikan iklan gratis dan calon konsumen baru untuk startup.

 

Digital marketing juga memungkinkan startup dalam meningkatkan visibilitas; mengurangi anggaran marketing; meningkatkan penjualan; menumbuhkan awareness; dan mempengaruhi keputusan pembelian.

 

 

Kesimpulan

 

 

Ada banyak strategi dan channel dari digital marketing yang dapat digunakan untuk mempromosikan startup Anda. Dengan memahami target audiens dan perilaku audiens yang sesuai dengan bisnis Anda. Dalam melakukan strategi digital marketing, cobalah untuk berpikir kreatif dan berbeda untuk bisa unggul.

 

Jika Anda melakukan digital marketing dengan cara yang benar, maka Anda dapat meningkatkan basis konsumen, bertahan, dan berkembang sebagai sebuah bisnis. Dengan memilih strategi yang tepat dan memaksimalkan praktik digital marketing, maka startup Anda akan jauh lebih siap dalam mencapai tujuan perusahaan.

Qonita Imania Assilah About the author

As a graduate of Communication Science who is then continuing her master degree in Media and Communication study at Airlangga University, Qonita has gained interest in Public Relations, Journalism and Media Relations. As a result, her passion encourages her to become a writer.