7+ Strategi Terbaik Optimasi Google Analytics
Para digital marketer hingga digital marketing agency pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan Google Analytics atau biasa disingkat GA sebagai tools analisis digital marketing. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google secara gratis pada tahun 2006 silam ini, menjadi salah satu layanan terbesar yang dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan report dalam bentuk data metrik.
Google Analytics
Google Analytics adalah platform sebuah platform analitik web yang dikembangkan oleh Google untuk membantu pemilik situs web dan pemasar digital memahami lalu lintas situs mereka, perilaku pengguna, dan hasil kampanye pemasaran secara lebih mendalam.
Fungsi Google Analytics
Fungsi google analytics adalah mengumpulkan data dari situs dan aplikasi untuk membuat laporan yang memberikan insight tentang bisnis. Ini termasuk memantau lalu lintas situs web, mengetahui pertumbuhan followers, jumlah readers dalam sebuah blog ataupun social networks yang terhubung dengan Google, dan memberikan informasi yang berguna tentang perilaku pengunjung.
Dengan informasi ini, pengguna dapat mengoptimalkan situs web mereka untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan meningkatkan konversi.
Ini dapat diibaratkan seperti sebuah kaca pembesar yang memberikan gambaran lebih jelas tentang perilaku pengunjung dan kinerja situs web. Seperti kaca pembesar, Google Analytics memungkinkan pengguna untuk melihat detail yang lebih kecil dari apa yang terjadi di situs web mereka dan membantu mereka memahami bagaimana setiap elemen situs web mereka berdampak pada pengalaman pengunjung dan konversi.
Baca juga: 6 Alasan Website Penting untuk Bisnis Anda
Strategi
GA dapat dikatakan menjadi salah satu tools yang powerfull untuk pekerjaan di dunia digital. Dengan adanya GA, pekerjaan membuat report pun lebih mudah dengan data yang diberikan sangat lengkap. Ini dia 9 strategi terbaik untuk mengoptimasi Google Analytics yang wajib Anda ketahui:
1. Menetapkan Tujuan dan Mengukur Kinerja
Sebelum menggunakan Google Analytics, disarankan untuk menetapkan tujuan bisnis dan melakukan pengukuran kinerja situs web. Dengan menetapkan tujuan tersebut, Anda dapat menentukan matrik yang tepat untuk diukur dan mengawasi kinerja situs web Anda.
2. Menganalisis Lalu Lintas Situs Web
Google Analytics memberikan informasi tentang lalu lintas situs web Anda. Anda dapat melihat jumlah pengunjung, sumber lalu lintas, dan halaman yang paling banyak dikunjungi. Informasi ini dapat membantu Anda memahami perilaku pengunjung dan mengoptimalkan situs web Anda.
3. Menganalisis Perilaku Pengguna
Google Analytics juga memberikan informasi tentang perilaku pengguna. Anda dapat melihat waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di situs web Anda, halaman yang paling banyak dikunjungi, dan tingkat pengguguran. Informasi ini dapat membantu Anda memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda.
4. Menganalisis Konversi
Konversi adalah tindakan yang ingin Anda lihat pengunjung lakukan di situs web Anda. Contohnya, membeli produk atau mendaftar newsletter. Dengan Google Analytics, Anda dapat melacak konversi dan memahami apa yang mendorong konversi.
5. Melacak Kampanye Pemasaran
Dengan ini Anda dapat melihat sumber lalu lintas dan konversi untuk setiap kampanye. Informasi ini dapat membantu Anda memahami kampanye mana yang paling efektif dan mengoptimalkan pengeluaran pemasaran Anda.
6. Membandingkan Data Historis
Dengan Google Analytics, Anda dapat membandingkan data historis untuk melihat tren dan perubahan. Ini dapat membantu Anda memahami bagaimana kinerja situs web Anda telah berubah dari waktu ke waktu dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.
7. Menetapkan Peringatan Email
Google Analytics memungkinkan Anda menetapkan peringatan email ketika metrik tertentu mencapai ambang batas tertentu. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah segera dan mengambil tindakan yang diperlukan.
8. Menggunakan Segmen
Segmen dalam Google Analytics memungkinkan Anda membagi pengunjung situs web Anda ke dalam kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik seperti lokasi atau perilaku. Informasi ini dapat membantu Anda memahami pengunjung situs web Anda dengan lebih baik dan mengoptimalkan pengalaman pengguna.
9. Membuat Laporan Kustom
Google Analytics menyediakan banyak laporan standar, tetapi Anda juga dapat membuat laporan kustom yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Dengan menggunakan platform ini, pengguna dapat mengidentifikasi area di situs web mereka yang perlu ditingkatkan dan mendapatkan informasi yang relevan untuk keperluan manajemen bisnis dan pemasaran.
Sebagai digital marketing agency yang telah dipercaya oleh brand global dan lokal untuk membantu mereka mempromosikan produk atau layanan di berbagai digital channel sejak 2013. Salah satunya kami ditunjuk oleh Mandiri Sekuritas sebagai Partner Digital Marketing. Selain itu, kami juga memiliki klien dari perusahaan-perusahaan lain seperti Jotun Indonesia, ZTE, Trend Micro hingga GS Battery Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman digital marketing yang lebih berkualitas.