Title Image

Cara Memaksimalkan Video dalam Membantu Bisnis Anda

Saat ini, konsumen semakin paham dan melek terhadap teknologi. Tidak heran banyak orang sudah sangat bergantung pada internet dan smartphone. Hal itu berdampak pada perusahaan yang semakin banyak berinvestasi dalam strategi digital agar tidak tertinggal. 

 

Cara agar bisa tetap bersaing di dunia bisnis yang semakin kompetitif ini, salah satunya dengan mencari tahu tips dan wawasan terkait strategi marketing terbaru untuk bisa memenuhi kebutuhan target audiens dalam bisnis Anda.

 

Memaksimalkan Video dalam Membantu Bisnis Anda

Video dalam Membantu Bisnis

 

Di masa pandemi ini yang mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara online, telah menjadikan video sebagai media yang ideal bagi sebuah bisnis. 

 

Perusahaan bisa memulai dari mengambil gambar video, melakukan editing video secara profesional, hosting, mengundang leads ke situs video, dan melacak hasil dari video. 

 

Ada baiknya bagi seorang marketer dapat memaksimalkan video marketing agar bisa lebih dinamis dan kompetitif. Berikut penjelasan yang dirangkum dari 365retail.co.uk mengenai video yang dapat membantu bisnis Anda.

 

Video untuk website

 

Dengan adanya video di dalam website Anda, memungkinkan konsumen untuk berada lebih lama. Ini cukup menguntungkan bagi bisnis Anda karena durasi waktu pengunjung web menjadi faktor penting dalam menentukan peringkat pada mesin pencarian (search engine). 

 

Memproduksi video bukan tugas yang mudah dan murah, tetapi semua itu bisa terbayar dengan hasil yang bisa diterima baik oleh audiens. Karena hasil video dapat meningkatkan conversions dan penjualan.

 

Lead generation

Tantangan sebuah bisnis saat ini salah satunya yaitu menciptakan saluran komunikasi yang berkualitas untuk bisa terhubung lebih baik dengan audiens dan konsumen. 

 

Video yang dibagikan melalui media digital seperti website, bisa menjadi saluran komunikasi berkualitas. Caranya dengan membuat video berkualitas terbaik dengan adanya software editing video yang semakin canggih dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada.

 

Menaikan penjualan

 

Video dapat membangun hubungan dengan publik, menunjukan brand atau perusahaan Anda, dan membedakan dengan kompetitor. Hal itu dapat membantu dalam memulai proses penjualan.

 

Dalam meningkatkan penjualan bisnis, Anda dapat membuat video promosi yang dipersonalisasi untuk selanjutnya dibagikan kepada konsumen potensial. Konten video dapat lebih mudah menarik audiens dengan audio visualnya dan bisa membangkitkan emosi.

 

Video bagi pengguna smartphones

 

Youtube melaporkan bahwa konsumsi video melalui smartphone telah meningkat 100% setiap tahun. Brand atau perusahaan harus peka terhadap perubahan dan fenomena yang terjadi di luar untuk bisa tetap tumbuh dan mampu bersaing. Untuk itu sebaiknya cobalah untuk membuat video yang mobile-friendly.

 

Video bagi media sosial

 

Penting bagi sebuah bisnis untuk mempertahankan eksistensinya melalui media sosial. Buatlah sebuah video yang menarik dan terus ikuti tren fitur yang ditawarkan di dalam sebuah platform media sosial agar bisa tetap dinamis.

 

Video bisa menjadi konten yang dapat lebih mudah menarik audiens dan mendapatkan banyak engagement, jika video yang dihasilkan sesuai dengan yang disukai atau diinginkan audiens.

 

Misalnya, Instagram baru-baru ini mengubah algoritme untuk mendorong pengguna mau berkreasi dengan menggunakan Reels. Reels adalah salah satu fitur terbaru yang dikeluarkan Instagram. Raih peluang visibilitas Anda dengan menambahkan Reels ke dalam content calender (CC).

 

Cobalah untuk membuat video tetap pendek, mudah diingat, dan menyenangkan. Algoritme Instagram memberi peringkat Reel berdasarkan nilai hiburannya.

 

Video marketing

 

Banyak pengguna media yang mengatakan bahwa mereka menonton video penjelasan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sebuah produk dan layanan. Brand atau perusahaan yang menggunakan video marketing mengatakan bahwa video mengenai penjelasan produk atau layanan itu cukup efektif.

 

Fakta lainnya yaitu banyak orang yang sibuk bahkan malas untuk membaca deskripsi atau penjelasan panjang terkait produk. Banyak orang lebih menyukai hal yang mudah dengan visual yang bagus.

Buatlah video berkualitas yang menghibur untuk bisa menarik banyak audiens serta mendorong mereka untuk mau membagikannya. Itu akan sangat menguntungkan bisnis Anda, seperti meningkatkan ROI (return on investment) dan traffic di dalam situs Anda.

 

Google menyukai video

 

Kehadiran video dapat membuat audiens menghabiskan waktu lebih lama di dalam website Anda. Hal itu menunjukan kepada mesin pencarian (search engine) bahwa konten Anda bagus. Hal itu sangat menguntungkan bagi bisnis Anda, karena kemungkinan besar video dan website Anda akan muncul di halaman depan Google.

 

Semenjak Google memiliki Youtube, konten video meningkat secara signifikan di dalam peringkat mesin pencarian. Bahkan terdapat ruang tersendiri di halaman pertama Google khusus untuk konten video.

 

Untuk bisa menjadikan video Anda berada di peringkat atas dalam mesin pencarian, berikut beberapa tipsnya.

  • Pastikan untuk mengoptimalkan SEO di dalam video Anda; 
  • Tulis judul dan deskripsi semenarik mungkin; 
  • Tambahkan tautan ke website, produk atau layanan Anda; 
  • Buatlah platform video Anda menjadi interaktif agar bisa mendapatkan lebih banyak engagement.

 

Kesimpulan

 

Perusahaan sebaiknya perlu untuk merumuskan, merancang, menerapkan, dan mengembangkan strategi dalam pembuatan video. Video tersebut tidak hanya untuk marketing, tetapi juga untuk membangun kepercayaan, kredibilitas, dan keterlibatan dengan audiens. 

 

Dengan adanya video dalam membantu bisnis, Anda dapat memaksimalkan waktu dan sumber daya untuk meningkatkan ROI (Return on Investment).

Qonita Imania Assilah About the author

As a graduate of Communication Science who is then continuing her master degree in Media and Communication study at Airlangga University, Qonita has gained interest in Public Relations, Journalism and Media Relations. As a result, her passion encourages her to become a writer.