Pentingnya Digital Agency Pada B2B
Banyak yang bertanya-tanya, mengapa sebuah bisnis terkadang membutuhkan vendor untuk membantu melakukan kegiatan marketing, seperti contohnya sebuah perusahaan B2B membutuhkan digital agency. Padahal mereka juga mempunyai karyawan yang cukup banyak. Apakah perusahaan kurang optimis dengan sumber daya yang dimiliki? Jika tidak, apa alasan perusahaan perlu bekerjasama dengan digital agency?
Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin Anda perlu mengetahui tentang digital agency.
Digital Agency
Pernahkah Anda melihat sebuah iklan, misalnya sebuah brand baru saja launching smartphone di televisi atau iklan di sosial media? dan apakah kamu pernah pernah berpikir siapakah yang melakukan shooting iklan atau melakukan aktivasi digital, seperti iklan di Youtube, maupun di channel lainnya? tentu mungkin Anda hanya mengira bahwa yang melakukan itu semua adalah hasil kerja perusahaan mereka. Padahal dibalik itu semua ada agency yang membantu dalam melakukan aktivasi digital.
Digital agency adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan layanan dan solusi teknologi digital untuk membantu meningkatkan digitalisasi bisnis dan mencapai tujuan mereka.
Layanan yang ditawarkan oleh agensi digital meliputi desain website, pemasaran digital, optimasi mesin pencari (SEO), iklan paid media, strategi konten, dan banyak lagi. Tujuannya adalah membantu bisnis mencapai sukses online dan meningkatkan visibilitas mereka melalui channel digital.
Baca juga: Cara Efektif Mengembangkan Bisnis Anda Sesuai dengan Tujuan
Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis B2B sebaiknya bekerja sama dengan digital agency daripada melakukannya secara mandiri:
1. Kemampuan dan Pengalaman
Agensi digital memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menangani berbagai proyek digital di berbagai industri, termasuk strategi branding dan pemasaran digital. Mereka memiliki sumber daya yang kompeten dan terlatih untuk membantu bisnis B2B mencapai tujuannya.
2. Analisis dan Insights
Agensi digital memiliki akses ke analisis dan insights yang lebih dalam untuk membantu bisnis B2B menentukan target pasar dan menentukan strategi pemasaran yang efektif. Terkadang input atau rekomendasi dari Agensi digital dapat membuka sudut pandang yang baru dan tidak pernah terpikirkan oleh tim internal perusahaan.
3. Kemampuan Teknis
Bisnis B2B mungkin tidak memiliki kemampuan teknis atau sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan digital dengan baik. Sebuah agensi digital memiliki kemampuan dan sumber daya untuk mengatasi masalah teknis dan memastikan pekerjaan berjalan dengan lancar, atau bahkan mereka dapat melebihi ekspektasi perusahaan.
4. Fleksibilitas dan Scalability
Agensi digital memiliki kemampuan untuk bersikap fleksibel dan mengadaptasi dengan mudah terhadap perubahan pasar dan tren industri. Mereka juga memiliki sumber daya yang dapat diperluas untuk mengatasi tuntutan bisnis yang berubah-ubah. Jika perusahaan memutuskan untuk membangun tim teknis sendiri, umumnya strategi ini hanya akan menambah beban overhead perusahaan tersebut tanpa berkontribusi optimal pada core business yang pada akhirnya menyebabkan bias fokus manajemen.
5. Fokus Bisnis
Bisnis B2B dapat mengalihkan fokus mereka dari tugas-tugas digital dan memfokuskan energi mereka pada aspek bisnis yang lebih penting, seperti pengembangan produk dan layanan, pelayanan pelanggan, dan pengembangan bisnis.
Selain itu, berikut beberapa manfaat dari melakukan kerjasama dengan digital agency. Diantaranya:
a. Efisiensi waktu dan biaya
Dengan memanfaatkan teknologi digital, proses bisnis dapat dilakukan secara lebih cepat dan efisien, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.
b. Kemudahan akses informasi
Informasi yang terkait dengan bisnis agensi dapat diakses dengan mudah melalui sistem digital, sehingga mempermudah proses bisnis.
c. Peningkatan kualitas layanan
Dengan menggunakan teknologi digital, agensi dapat memberikan layanan yang lebih baik dan cepat kepada pelanggan.
d. Analisis data dan pengambilan keputusan
Dengan adanya data yang terkumpul secara digital, agensi dapat melakukan analisis data dan membuat keputusan yang lebih baik.
Baca juga: Value Proposition yang Baik, Cara Jitu Unggul di Antara Kompetitor
Dengan bekerja sama dengan sebuah digital agency, bisnis B2B dapat memanfaatkan kemampuan dan pengalaman yang ditawarkan oleh digital agency di Indonesia.
Ini juga memastikan bahwa strategi branding dan pemasaran digital mereka efektif dan berhasil. Jika Anda ingin bekerja sama, mari berkolaborasi menjadikan bisnis Anda naik level. Klik disini untuk mengetahui selengkapnya!