Yuk, Kenalan dengan Digital PR!
Seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja banyak praktek yang tadinya dilakukan secara manual yang berpindah ke ranah digital, tak terkecuali kegiatan PR atau public relations.
Kegiatan yang sering disebut dengan E-PR atau digital PR ini adalah salah satu aktivitas yang banyak diminati oleh berbagai macam brand. Apabila dilakukan dengan tepat dan sesuai porsi, kegiatan ini dapat membawa dampak yang menguntungkan bagi brand tersebut.
Sebelum Anda memutuskan apakah Anda akan melakukan strategi ini, mari kita kenali bersama-sama dulu apa definisi, manfaat, dan jenis-jenisnya.
Definisi Digital PR
Digital PR adalah sebuah strategi digital marketing yang digunakan oleh berbagai bisnis untuk meningkatkan online presence mereka.
Digital Public Relations bisa juga diartikan sebagai kegiatan kehumasan yang dilakukan melalui dunia maya dan memanfaatkan ranah digital sebagai sarana publisitas.
Ada banyak aktivitas Digital Public Relations yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Contohnya adalah melalui situs web atau website, SEO , press release online, dan lain sebagainya.
Apa Bedanya dengan PR Tradisional?
Sebenarnya tujuan dari kegiatan PR yang dilakukan dengan tradisional dan di ranah digital itu sama. Pada dasarnya, keduanya bertujuan untuk membangun brand awareness sembari menyebarkan pesan yang positif, juga menarik audiens yang relevan.
Namun berbeda dengan PR Tradisional, seorang praktisi PR dalam ranah digital bukan hanya harus memiliki hubungan baik dengan jurnalis dari media cetak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena aktivitas dilakukan di ranah digital, maka mereka juga harus memiliki koneksi yang baik dengan blogger dan influencers
Digital public relations juga dapat menargetkan hal-hal yang mungkin tidak bisa diraih apabila Anda hanya melakukan PR tradisional.
Dengan melakukan kegiatan PR dalam dunia maya Anda dapat meningkatkan reputasi online bisnis Anda dengan mendapatkan backlink dan bahkan meningkatkan performa digital ads Anda! Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaatnya.
Jenis-Jenis Digital PR
Sebelum membahas lebih lanjut berikut adalah tujuan umum dari Digital PR:
- Mendapatkan backlink dengan kualitas dan kredibilitas yang tinggi
- Mendapatkan publisitas di ranah online
- Mendapatkan review organik dari target audiens bisnis
Content Marketing, sebenarnya adalah bagian yang signifikan apabila Anda ingin mengimplementasikan digital public relations . Hal ini dapat dilakukan dengan membuat blog post, dan menyebarkan konten-konten lain untuk diunggah ke berbagai kanal digital.
Pada kenyataannya, digital public relations tidak hanya terbatas pada aktivitas itu. Berikut jenis-jenis aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan strategi digital public relations.
- Unlinked Mentions. Mengarahkan media online atau untuk menyebutkan bisnis Anda tanpa memberikan link ke situs atau asset digital Anda.
- Guest Posts. Menulis dan mempublikasikan tulisan tentang bisnis Anda pada kanal digital lain yang bukan aset digital Anda.
- Directory Inclusions. Memasukkan bisnis Anda dalam sebuah situs yang berisi direktori atau daftar bisnis yang mirip dengan bisnis Anda
- Press Release. Mengirimkan berita yang memiliki nilai tinggi kepada berbagai media online agar dapat dipublikasikan.
- Influencer Marketing. Mengirimkan hampers atau melakukan campaign untuk menargetkan audiens digital yang dimiliki oleh influencer terkait
- Online Media Interview. Mengundang media dari sektor relevan untuk secara eksklusif wawancara pemegang kepentingan dalam bisnis Anda
- Digital Media Briefing. Mengundang banyak media untuk diberikan penjelasan tentang bisnis Anda secara menyeluruh
Apakah Digital Public Relations Cocok untuk Usaha Kecil dan Menengah?
Apabila Anda memiliki bisnis yang masih bersifat lokal, Digital Public Relations juga dapat membantu Anda. Fokus dari strategi Anda sebaiknya adalah untuk mendapatkan publisitas dari media digital, media sosial, atau influencer yang relavan dan berada di daerah bisnis Anda.
Anda bisa melibatkan blogger atau reviewer sampai micro-influencers yang relevan. Anda juga bisa mengadakan event online seperti mini-webinar atau mini-class dan mengundang mereka sebagai pembicara atau bahkan tamu acara! Dengan cara ini, kesempatan mereka untuk menyebutkan bisnis Anda dalam kanal digital mereka akan meningkat.
Tertarik untuk Melakukan Digital PR?
Nah, sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Digital PR, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya dalam bisnis Anda? Keuntungan dan lingkup nya yang luas juga kemampuannya untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan kredibilitas memang tidak kalah dengan strategi digital marketing lainnya.
Apabila Anda tertarik atau ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang strategi ini jangan ragu untuk hubungi tim Krona!